Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gebuk China Dan Kuwait, Prestasi Timnas Bola Tangan Indonesia Makin Kinclong

Minggu, 19 Maret 2023 18:52 WIB
Para pemain timnas bola tangan bersama Ketua Umum PP ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar. (Foto : ist)
Para pemain timnas bola tangan bersama Ketua Umum PP ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perjuangan timnas bola tangan putra Indonesia layak mendapat acungan jempol. Meski belum meraih medali, namun para pemain timnas bola tangan unjuk kemampuan mampu mengalahkan tim-tim kuat dari Asia.

Setelah menang lawan China, timnas berhasil mengalahkan Kuwait 2-0 (16-6 dan 23-22)  pada penutupan Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai di Nusa Dua, Bali, Minggu (19/3/2023). 

"Timnas putra Indonesia memberikan kebanggaan tersendiri bagi PP ABTI maupun para penonton yang setia menyaksikan pertandingan dengan mengalahkan China di pembukaan dan penutup kemenangan lawan Kuwait, " tegas Ketua Umum PP ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/3). 

Menurut Zulfydar ada peningkatan prestasi yang ditunjukkan para atlet bola tangan Indonesia. Dia berharap ini menjadi perhatian Kemenpora. Dengan biaya mandiri, pengurus bola tangan Indonesia mampu menyamakan prestasi dengan pemain dari negara lain. 

"Kami berharap setelah para pemain Indonesia mampu mengalahkan tim dari China dan tim dari daratan Negara Timur Tengah,  mendapat perhatian dan dukungan pemerintah menuju Asian Games di China dan kejuaraan dunia bola tangan yang juga digelar di Bali, Agustus 2023," harap Zulfydar lagi. 

Baca juga : Timnas Bola Tangan Putri Raih Perunggu

Zulfydar mengapresiasi masyarakat Nusa Dua, Pemangku Adat, Pangdam, BIN, Kapolda dan Gubernur serta KONI dan KOI serta Bupati Badung yang memberikan dukungan pelaksanaan kejuaraan Asia dengan sukses dan lancar. 

Begitu juga pada Bank Kaltim, Bank BNI, dan Walikota Balikpapan Kaltim yang selalu memberikan bantuan pada Timnas Putra dan Putri.

"Timnas putra dan putri kali ini diperkuat pemain asal Kaltim yang diberikan kepercayaan tampil di kejuaraan Asia setelah meraih juara di Kejurnas di lapangan pasir Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Desember 2022," tambah Zulfidar lagi. 

Sementara itu, pelatih fisik Timnas Indonesia putra-putri Dr. Sandey Tantra Paramitha sudah mengevaluasi para pemain bola tangan Indonesia. Salah satu kendalanya soal lamban panas, layaknya "mesin diesel".

" Hal ini yang menjadi catatan para pelatih pemain putra dan putri, para pemain bola tangan membutuhkan latihan, persiapan yang cukup dan latih tanding yang memadai dengan waktu yang cukup pula," tegas Sandey yang juga Dosen Program Studi Ilmu Keolahragaan FPOK UPI didampingi Bidang Pertandingan, Sujarwo dari Dosen UNJ. 

Baca juga : Bertemu Jokowi, Singapura Dukung Keketuaan Indonesia di ASEAN

Sandey mencontohkan dalam babak penyisihan permainan tim putra dan putri lamban dan sempat kalah atas Kuwait 0-2. Sedang dipertandingan akhir dapat membalas dengan skor 2-0 pula. 

Permainan cepat dan mengandalkan taktik yang jitu berkembang di game pertama pada pertandingan akhir. Lewat strategi itulah permainan unggul, dan angka mendominasi di games pertama yang berakhir dengan skor 16 - 6.

Kalah dengan skor dibawah angka 10 di game pertama, pemain Kuwait bangkit di game kedua melakukan serangan terobosan dengan mengandalkan postur tubuh yang tinggi diimbangi badan yang kejar. 

Hal itu pula angka yang dikumpulkan terus mengejar Timnas dan sempat menyamakan skor 22-22. Pada detik - detik terakhir dalam perpanjangan waktu, pemain Kuwait gagal menambah point. 

Dengan kedudukan 22-22 ketika waktu sudah tertinggal 0,5 detik, pemain Indonesia berhasil membobol gawang Kuwait kendati mendapat tambahan skor satu dan kedudukan menjadi 23-22 untuk kemenangan Indonesia. Dengan kemenangan itu Timnas menempati posisi ketujuh, meninggalkan China, Hongkong, Korsel dan Kuwait. 

Baca juga : Ganjar Tegas Dukung Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

Sedang juara  Asia Bola Tangan Pantai 2023 di Bali, diambil Qatar yang di final mengalahkan Oman 2-0. Oman sendiri di peringkat dua. Tempat ketiga diambil 

Iran, keempat Vietnam, kelima Filipina, keenam Arab Saudi, ketujuh Indonesia dan kedelapan Kuwait yang dalam pertandingan terakhir ditumbangkan Indonesia 2 - 0.

"Kemenangan satu angka di game kedua sangat berharga bagi Timnas putra lawan Kuwait. Hal itu yang membuat pemain, pelatih dan jajaran pengurus ABTI bernafas lega mampu melampaui target meraih tiga kemenangan di kejuaraan Asia Bola tangan pantai 2023, " tambah Sandey lagi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.