Dark/Light Mode

Ini Sederet Prestasi Almarhum Syabda Perkasa Belawa

Senin, 20 Maret 2023 10:24 WIB
Syabda Perkasa Belawa  saat juara di Malaysia Series 2022. (Foto : PBSI)
Syabda Perkasa Belawa saat juara di Malaysia Series 2022. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jagat bulutangkis Indonesia berduka. Salah satu atlet muda penghuni Pelatnas PBSI, Syabda Perkasa Belawa dikabarkan meninggal dunia pada Senin (20/3).

Syabda, yang juga putera dari Manajer Iklan Rakyat Merdeka, Muanis Hadi Sutamto berpulang akibat kecelakaan yang terjadi di jalan Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah pada pukul 03.50 WIB, Senin (20/3) dini hari.

Syabda, lahir di Jakarta pada 22 Agustus 2001 tercatat sebagai atlet utama di Pelatnas PBSI. Saat ini, dia menempati peringkat ke-88 dunia Badminton World Federation (BWF) dengan 16.680 poin.

Rangking tertinggi BWF, Syabda pernah menempati peringkat 87 pada 21 Februari 2023.

Baca juga : Lestari Imbau Pemerintah Serius Cegah Pernikahan Di Bawah Umur

Laman PBSI mencatat, sepanjang karier profesionalnya, Syabda meraih kemenangan 97 kali di berbagai kejuaraan dan 37 kali kalah.

Syabda pernah menjuarai Lithuanian International 2022, Malaysia International 2022, dan Iran Fajr International 2023. Syabda juga sukses menjuarai ajang BWF junior yakni Jakarta Junior International.

Jadi bagian tim di level junior, Syabda membantu Indonesia merebut medali perak pada Kejuaraan Asia 2019. Dia lalu mempersembahkan medali emas Kejuaraan Dunia di tahun yang sama.

Pada 2019 Syabda menjadi juara di BWF Junior International di Jakarta usai mengalahkan Christo Popov.

Baca juga : Indra Wijaya Siap Genjot Prestasi Gregor

Namanya sempat bikin heboh jagat media massa pada ajang Piala Thomas 2022. Dia menjadi pemain debutan yang jadi penentu kemenangan tim Piala Thomas Indonesia saat tampil sebagai jawara grup.

Kemenangan di partai terakhir yang ditorehkan Syabda mengantarkan tim Garuda menang 3-2 atas Korea Selatan.

Saat itu, Syabda tampil luar biasa menghadapi Yun Gyu Lee di partai kelima pertandingan antara Indonesia dan Korea Selatan di penyisihan grup.

Bertanding di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5), Syabda menang lewat laga tiga gim, 21-14, 11-21, 21-16. Sayang Indonesia gagal mempertahankan gelar juara usai kalah di final melawan India.

Baca juga : KPK Sebut Rafael Alun Punya Saham Di 6 Perusahaan

Piala Thomas 2022 itu menjadi yang pertama dan terakhir bagi Syabda. Syabda meninggal dunia usai kecelakaan ketika dalam perjalanan menuju ke Sragen untuk berziarah karena neneknya. Syabda meninggal dunia.

“Telah meninggal dunia, Syabda Perkasa Belawa. Syabda meninggal dunia dalam perjalanan ke Sragen untuk berziarah karena neneknya meninggal dunia,” legenda bulu tangkis Indonesia, Yuni Kartika di Twitter-nya, @YuniKartika73, Senin (20/3/2023).

       

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.