Dark/Light Mode

Quartararo Belum Bisa Tampil Gaspol

Senin, 17 April 2023 05:28 WIB
Fabio Quartararo. (Foto : Ist)
Fabio Quartararo. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Grand Prix Amerika di Austin, Texas atau GP Austin adalah balapan yang menantang bagi para pebalap. Selain cuaca yang panas dan terik, sirkuit tersebut memiliki kejataman yang menantang.

Terbukti, pada sesi latihan beberapa pebalap mengalami kecelakaan. Seperti Fabio Quartararo dan Alex Marquez. Quartararo terjatuh di sprint race MotoGP Amerika 2023. Pebalap Monster Energy Yamaha itu mengalami low side di tikungan pertama lap kelima dalam balapan yang diselenggarakan Minggu, 16 April 2023, dini hari.

Quartararo masih belum bisa mencicipi podium pertamanya di musim 2023 ini. Bertarung di sprint race MotoGP Amerika 2023, Quartararo hanya bisa finis posisi lima belas setelah mengalami crash di separuh balapan.

Baca juga : Demokrat Belum Bisa Terima Nama Mahfud

Pembalap asal Prancis itu pun mengaku frustasi atas hasil itu dan bilang bahwa M1 hanya bisa cepat saat balap sendirian. “Sungguh membuat frustrasi, karena saat saya (berada di lintasan) sendirian, saya merasa jauh lebih mudah dan lebih cepat (dengan M1),” kata Quartararo seperti dilansir laman Crash, Minggu (16/4/2023).

“Biasanya saat Anda membuntuti pembalap lain, seperti yang Anda lihat di sesi kualifikasi, itu akan lebih mudah. Tapi kami membalap dengan cara yang sama sekali berbeda, sehingga itu tidak membantu kami,” ujar pria yang dikenal dengan El Diablo.

Quartararo sebenarnya tampil cukup bagus. Start dari posisi ketujuh, Quartararo bisa mengimbangi Ducati dan Aprilia, hingga dia bisa menyodok ke posisi keempat. Namun hal itu malah membuat dia mendorong motor sampai batasnya, dan membuat M1 yang digunakannya mengalami low side.

Baca juga : Hati-hati, ASN Selfie Dengan Peserta Pemilu Bisa Kena Semprit Bawaslu

“Saya ada di belakang beberapa pembalap di awal balapan sehingga saya tidak bisa menyalip. Saya bahkan tak bisa mencoba buat melawan mereka. Dan setelah kecelakaan, saya membuat waktu putaran terbaik saya,” ujarnya lagi.

“Sendiri, kita bisa cepat, tetapi dengan pembalap lain (di sekitar) kita sangat berjuang,” tegas Quartararo.

Juara MotoGP 2021 itu pun menjelaskan alasan mengapa dirinya bisa terjatuh di sprint race MotoGP Amerika 2023. Menurut Quartararo, itu terjadi karena M1 masih sangat lemah dalam akselerasi, sehingga dia harus mengompensasinya di aspek pengereman jika ingin mendapatkan lap time yang bagus.

Baca juga : Produk Belum Sertifikat Halal Dikenakan Sanksi

Tapi itu kemudian jadi bencana. “Karena di akselerasi trek lurus kami kalah banyak, dan sayangnya, satu-satunya bagian di mana saya bisa bertarung adalah rem,” katanya.

“Dan saya, saya perlu membuat kecepatan saat menikung karena dengan akselerasi yang lebih lambat, kami memiliki lebih banyak wheelie,” tandas Quartararo. Sebelumnya, Alex Marquez mengalami kecelakaan di babak kualifikasi.

Adik dari Marc Marquez ini tidak merasa baik secara fisik dan bahkan muntah di bawah pengereman di tikungan 12 dan akhirnya mengalami kecelakaan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.