Dark/Light Mode

Bersih-bersih PSSI

Erick Di-back up Jokowi

Minggu, 30 April 2023 08:00 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan keterangan pers usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (31/3/2023). (Foto: Antara).
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan keterangan pers usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (31/3/2023). (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umun Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir terus menepati janjinya membenahi persepakbolaan Indonesia. Salah satunya dengan melakukan bersih-bersih di tubuh PSSI. Langkah Menteri BUMN ini pun langsung di-back up Presiden Jokowi.

Erick meminta setiap klub peserta Liga 1 tahun 2023-2024 wajib melakukan audit setiap tiga bulan. Menurutnya, standarisasi klub soal transparansi finansial dapat meminimalisir kejadian para pemain tidak digaji. “Kan gitu konteksnya. Ini kayak lingkaran yang tidak putus-putus,” ujarnya, kemarin.

Tak sampai di situ. Erick juga akan membentuk dua Satuan Tugas (Satgas) khusus demi mempercepat upaya bersih-bersih di PSSI. Keduanya adalah Satgas Pengawasan Pengaturan Skor dan Satgas Pengawasan Keuangan PSSI.

Baca juga : Serius Bersih-Bersih, Erick Minta Ernst & Young Audit PSSI

Satgas Pengawasan Pengaturan Skor memiliki tugas utama mengevaluasi kinerja setiap wasit di musim kompetisi yang akan datang. Sementara, Satgas Pengawasan Keuangan akan bertugas mengawal proses audit finansial PSSI. Satgas itu akan mendampingi penjajakan keuangan PSSI yang tengah dilakukan oleh firma audit Ernst & Young.

Pembentukan kedua Satgas tersebut merupakan langkah konkret dalam membangun kepercayaan pecinta sepak bola terhadap PSSI. Erick mengakui, persepsi terhadap PSSI saat ini adalah kotor dan korup. Sebab itu, ia ingin PSSI benar-benar bersih dan mendapat kepercayaan masyarakat.

“Kalau sekarang, apapun yang akan dibangun PSSI persepsinya tetap tak percaya, media tidak percaya. Itu kan sulit kita bangun yang namanya kepercayaan karena persepsi yang sudah terbentuk, PSSI itu kotor, korup. Kita buktikan dengan Satgas ini yang independen dan didukung penuh pemerintah,” tegas Erick.

Baca juga : Pesib Vs PSIS Semarang, Milla Ubah Formasi

Upaya bersih-bersih PSSI Erick pun mendapat dukungan penuh dari Presiden Jokowi. Dukungan Jokowi ini disampaikan kepada Erick saat bertemu di Istana Kepresidenan.

Menurut Erick, Jokowi membackup penuh langkah Erick membentuk Satgas Anti Pengaturan Skor dan Satgas Transparansi Buku PSSI. Jokowi juga menugaskan Polri dan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk membantu proses transformasi sepak bola Indonesia.

“Bapak Presiden meminta saya berkoordinasi langsung dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk mengawal ini,” bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.