Dark/Light Mode

FAPSI: Penggunaan VAR Bisa Jadi Momentum Revolusi Terbaik Sepak Bola Nasional

Senin, 8 Mei 2023 16:58 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram)
Ketum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
"Menjawab besarnya harapan publik itu, Erick Thohir lalu melakukan jurus langkah seribu di awal masa jabatannya. Mengeluarkan gebrakan dan terobosan yang sangat visioner dan revolusioner," tambahnya.

Misalnya, dicontohkan Amsori, pembentukan komite suporter dan infrastruktur, lalu membuat dua satgas di PSSI yang secara khusus menyoroti masalah mafia pengaturan skor dan keuangan di PSSI. 

Baca juga : Misi Tembus Empat Besar

Juga, rencana penerapan VAR di pertandingan liga 1, yang dianggapnya menjadi langkah revolusioner Erick Thohir.

"Saya melihat Pak Erick ingin membuat kultur baru dalam sepak bola Indonesia dengan jargon bersih dan prestasi. Ia dorong kemudian dengan membuat instrumen komite ad-hoc dan satgas untuk memaksimalkan upayanya itu," ucapnya

Baca juga : Cycling De Jabar Bisa Cetak Bibit Unggul Atlet Balap Sepeda Nasional

Meskipun dalam pertandingan nanti berhasil menerapkan VAR, namun Amsori mengingatkan agar PSSI tidak melupakan pembinaan terhadap wasit dan suporter karena hal itu menjadi penunjang utama untuk mewujudkan kualitas pertandingan.

"PSSI perlu juga melakukan pendampingan psikologis kepada para wasit agar memiliki mental yang kuat ketika digoda untuk melakukan kecurangan. Juga perlu diperhatikan soal suporter, sebab itu jadi saling berhubungan," tandas Amsori. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.