Dark/Light Mode

Ini Prestasi Luar Biasa

Trimedya Puas Gulat Bawa Pulang 6 Emas

Rabu, 17 Mei 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PP PGSI) Trimedya Panjaitan. (Foto: Khairizal Anwar/RM).
Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PP PGSI) Trimedya Panjaitan. (Foto: Khairizal Anwar/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Cabang olahraga gulat kembali memberikan kontribusi besar dalam perolehan medali bagi kontingen Indonesia di SEAGames 2023 Kamboja. Gulat berhasil membawa pulang enam medali emas, enam medali perak dan enam medali perunggu. Mantap!

Berdasarkan laporan wartawan Rakyat Merdeka, Dede Hermawan dari Phnom Penh, Kamboja, tim gulat Indonesia berhasil membawa lagi satu emas melalui Randa Riandesta di nomor kelas bebas putra 79 kg di hari terakhir pertandingan gulat. Sehingga, total ada 6 medali emas yang diboyong tim gulat Tanah Air.

Torehan enam medali emas ini melampaui target yang dicanangkan PP PGSI yakni dua emas, tiga perak dan empat perunggu.

Baca juga : Beckham Siap Bawa Pulang Emas

Emas keenam diraih Randa lewat pertarungan dramatis dengan skor 15-13 atas pegulat Singapura, Wengluengary Chow di kelas bebas putra 79 kg di Hall Chrory Changvar Internasional Convention Center, Phnom Penh, Kamboja.

Di laga tersebut, Randa sempat tertinggal 5-11, tapi mampu menyamakan kedudukan 11-11. Bahkan, berkat dukungan suporter Indonesia, Randa berhasil memimpin menjadi 13-11.

Semangat Randa terus berkobar, setelah memperbesar kedudukan menjadi 15-11. Di detik-detik terakhir, Chow berhasil menambah dua poin dan akhirnya pertandingan berakhir dengan skor 15-13 untuk Randa.

Baca juga : Heikal Safar: Anies Baswedan Cucu Pejuang Kemerdekaan

Randa yang merupakan anggota kepolisian Polda Sumatera Barat itu, langsung sujud syukur dan meluapkan kegembiraannya sambil membawa bendera Merah Putih. “Alhamdulillah, saya bisa mengejar ketertinggalan berkat dukungan temen-teman, pelatih, pengurus dan suporter Indonesia yang hadir, saya bisa meraih emas,” ujar Randa, seusai pengalungan medali.

Selain medali emas, tiga pegulat Indonesia lainnya berhasil membawa pulang medali perak yakni Zainal Abidin (kelas bebas putra 61 kg), Rahmathadi Wijaya (kelas bebas putra 74 kg) dan Hamka (kelas bebas putra 65 kg).

Zainal Abidin kalah dari pegulat Filipina, Ronil Tubog, Rahmathadi Wijaya ditaklukkan Sokleang Lim dari Kamboja, dan Hamka menyerah dari pegulat Vietnam, Xhuwandhn Nguyen. Sementara medali perunggu diraih Aldiansyah Darmansyah.

Baca juga : Balap Sepeda Sukses Bawa Pulang 5 Emas

Pencapaian enam emas ini adalah yang terbaik sejak SEA Games 1997 di Jakarta, yaitù sebanyak sembilan medali emas. Sedangkan di SEA Games selanjutnya, Indonesia tidak pernah lagi meraih medali di atas empat. Bahkan di SEA Games terakhir di Vietnam, nihil emas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.