Dark/Light Mode

French Open 2023

Cedera Pinggul, Nadal Mundur

Sabtu, 20 Mei 2023 07:00 WIB
Rafael Nadal. (Foto: Getty Images).
Rafael Nadal. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Petenis gaek Rafael Nadal mengumumkan mundur dari French Open 2023. Ini dikarenakan cedera pinggulnya belum sembuh total. Petenis Spanyol ini mengaku, 2024 jadi tahun terakhirnya di tenis profesional.

“Ini bukan keputusan yang saya ambil, ini keputusan yang diambil oleh tubuh saya,” kata petenis berusia 36 tahun ini sep­erti disiarkan AFP, kemarin.

Nadal mengatakan, akan mengambil cuti beberapa bu­lan, tanpa latihan. Itu artinya dia pasti akan melewatkan Wimbledon dan kemungkinan besar US Open, sebelum mulai bermain lagi.

Baca juga : Menteri Nyaleg Kudu Mundur

Dia mengaku, tahun depan akan menutup karier yang se­jauh ini telah menghasilkan 22 gelar Grand Slam. “Ini mungkin akan jadi tahun terakhir saya di tur profesional. Saya tidak bisa mengatakan ini 100 persen kar­ena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi,” kata Nadal.

“Cedera yang saya derita di Australia belum sembuh sep­erti yang kita harapkan. Roland Garros jadi mustahil. Saya tidak akan berada di sana setelah bertahun-tahun, dengan segala arti (turnamen) itu bagi saya.”

Nadal tidak akan menetapkan tanggal untuk kembali. Tetapi, dia mengatakan, Piala Davis pada November bisa menjadi target po­tensial. Kata Nadal, penting untuk menjauh dari permainan untuk kembali tahun depan dan men­gucapkan selamat tinggal dengan bermain di acara favoritnya.

Baca juga : Sinner Taklukkan Alcaraz

“Jika saya terus bermain di momen ini, rasanya saya tidak akan bisa melakukannya tahun depan. Ide dan motivasi saya adalah mencoba menikmati dan mengucapkan selamat tinggal pada semua turnamen yang pent­ing bagi saya,” ujar Nadal.

Dia berharap, dengan istira­hat total, tubuhnya bisa pulih kembali. “Saya akan berhenti, saya tidak akan berlatih, su­dah berbulan-bulan frustrasi. Ada saatnya seseorang harus mengerem. Sudah waktunya untuk melihat apakah tubuh ini dapat meregenerasi dirinya sendiri selama beberapa bulan ini,” jelasnya.

Nadal mengatakan akan men­gawasi French Open tahun ini dan berfilsafat tentang tidak mampu mempertahankan ge­larnya di turnamen yang dia kuasai. “Roland Garros akan selalu menjadi Roland Garros, dengan atau tanpa saya, ini akan tetap menjadi event terbaik. Akan ada juara Roland Garros dan itu bukan saya, dan itulah hidup,” kata Nadal.

Baca juga : Belanda Unggul Telak Lawan Gilbraltar

Penyelenggara French Open dalam cuitan di Twitter men­gatakan, “Kami tidak dapat membayangkan betapa sulitnya keputusan ini. Berharap bertemu denganmu tahun depan di Paris,” ujar penyelenggara turnamen kepada Nadal. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.