Dark/Light Mode

Erick Bicara Revolusi Mental Dimulai Dari Sepak Bola

Arak-arakan Timnas U-22 Bikin Merinding

Sabtu, 20 Mei 2023 08:00 WIB
Antusias warga mengiringi pesepak bola Timnas Indonesia U-22 bersama ofisial dan pengurus PSSI berada di atas bus dalam arak-arakan Kontingen SEA Games 2023 saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (19/05/2023). (Foto: Patrarizki Syahputra).
Antusias warga mengiringi pesepak bola Timnas Indonesia U-22 bersama ofisial dan pengurus PSSI berada di atas bus dalam arak-arakan Kontingen SEA Games 2023 saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (19/05/2023). (Foto: Patrarizki Syahputra).

 Sebelumnya 
Raihan emas ini merupakan yang pertama sejak 32 tahun lalu. Terakhir kali emas didapat pada SEA Games 1991, kala itu Indonesia juga menga­lahkan Thailand di babak final dengan skor 4-3 melalui babak adu penalti.

Setibanya di Bundara HI, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyam­paikan pidato singkat di hadapan warga. Erick menyampaikan permo­honan maaf kepada pengguna jalan yang terganggu dan menyebabkan kemacetan.

Erick berharap, warga memberi­kan apresiasi kepada skuad Garuda Muda yang sudah membawa harum nama bangsa di pentas Asia Tenggara. "Setelah penantian 32 tahun, kita bisa melihat Timnas membawa emas! Saya dan seluruh masyarakat Indonesia senang melihat keberhasilan Timnas U-22," kata Erick.

Baca juga : Di Depan Lautan Suporter, Erick Serukan Revolusi Mental Dari Sepak Bola

Menurut Erick, Timnas U-22 telah melakukan perjuangan ekstra ketat se­hingga akhirnya berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 5-2.

"Timnas U-22 Indonesia sudah melakukan pemusatan latihan satu setengah bulan, Lebaran di sini, puasa di sini. Tepuk tangan buat mereka," kata Erick.

Setelah ini, kata Erick, skuad asuhan Indra Sjafri akan dibubarkan untuk kembali ke kampung halamannya ma­sing-masing. Erick yakin kemenangan Timnas di SEA Games, menjadi awal dari revolusi dalam sepak bola nasional.

Baca juga : Suporter Tumpah, Bus Arak-Arakan Timnas U-22 Tersendat Di Kawasan Senayan

"Ayo kita bangkitkan sepak bola Indonesia. Ayo kita revolusi mental Indonesia dari sepak bola, setuju?" seru Erick dalam orasinya. "Siapa kita?" ujarnya yang disambut seruan Indonesia dari warga.

Pidato Erick tidak berlangsung lama. Rombongan kemudian segera melan­jutkan perjalanan mengingat waktu salat Jumat yang sudah tidak lama lagi.

Menpora Dito Ariotedjo turut memuji kinerja PSSI di bawah pimpi­nan Erick. Menurut dia, PSSI di bawah komando Erick berhasil menunjukkan taringnya dengan menjuarai sepak bola SEA Games 2023.

Baca juga : Ketemu Erick, Prabowo Bicara Politik Hingga Timnas U-22

"Ini adalah penantian panjang 32 tahun Timnas Indonesia tak pernah meraih medali emas. Terima kasih Pak Erick sudah memberikan perubahan di PSSI," ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.