Dark/Light Mode

Demi Prestasi Kinclong, Erick Patok Anggaran PSSI Rp 260 Miliar

Selasa, 30 Mei 2023 06:46 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto : PSSI)
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menetapkan anggaran yang harus tertutupi PSSI agar seluruh aktivitas pembangunan sepakbola Indonesia dapat dilaksanakan. 

Nilainya sekitar Rp260 miliar. Itu sudah termasuk ongkos-ongkos untuk membawa tim nasional, membayar para pelatih, pelatihan-pelatihan, serta mengelola tim nasional.

Baca juga : Setelah Argentina, Erick Mau Undang Brasil Dan Portugal Lawan Timnas

“Kemarin PSSI sudah melaksanakan Kongres. Di situ PSSI ingin, selain mendapatkan dukungan pemerintah untuk membangun sepakbola, baik infrastruktur maupun tim nasional. Namun, PSSI juga mulai komersialisasi. Kami sudah memperhitungkan sebesar Rp260 miliar target (anggaran)," kata Erick Thohir dikutip laman resmi PSSI, Senin (29/5).

Erick ingin penggunaan anggaran dapat dipertanggungjawabkan sehingga ia menunjuk auditor. "Ini semua akan terbuka pada waktunya, kami sudah menunjuk auditor, Erns and Young, sehingga data akan terbuka, yang mana cost-nya dan berapa pendapatannya,” ujar Erick 

Baca juga : Indonesia Open Digelar 13 Juni, Hadiahnya Rp 20 Miliar

Soal anggaran, Menteri BUMIN ini juga berharap PSSI jangan terus menerus rugi atau membiarkan merugi. PSSI tidak boleh merugi baik dalam hal pestasi maupun dalam mengembangkan usaha. 

"Kita harus biasakan PSSI punya strategic planning yang tepat. Seperti pada FIFA matchday, ini harus diyakini tidak hanya membawa prestasi nasional, tetapi juga untuk keuangan yang baik. Dengan pendapatan tiket yang affordable, baik pemasukan dari media, hingga sponsor, saya rasa target bisa ada profit. Supaya jangan dibiasakan tidak bisa membawa pertandingan besar lagi. Nanti jadi kapok kalau merugi. Hanya akan jadi mimpi," kata Erick.

Baca juga : Bikin Kinclong Timnas Putri, Erick Gandeng PSSI Jepang

Berkaitan dengan hal tersebut, Erick menegaskan bahwa setiap pertandingan, baik pertandingan besar yang mendatangkan tim kuat dunia, maupun tim – tim negara lain demi menambah poin Indonesia, seluruhnya telah memperhitungkan dengan matang biaya dan manfaatnya.

Termasuk di antaranya dalam menetapkan harga tiket yang ditetapkan setelah dilakukan survei terlebih dahulu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.