Dark/Light Mode

Adaptasi Teknologi, Konsumen Shopee Asia Tenggara Hemat Rp 25 Triliun

Kamis, 13 April 2023 22:44 WIB
Shopee. (Foto: Ist)
Shopee. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan laporan Shopee Serves bertajuk ‘Membangun Ketangguhan Melalui Teknologi,’ pembeli di berbagai negara di Asia Tenggara berhasil menghemat lebih dari Rp 25 triliun. Penghematan karena kampanye promosi Shopee dan penawaran spesial dari berbagai brand. 

Selain itu, semakin banyak juga pembeli dan pelaku bisnis yang dapat mengakses platform e-commerce, dengan 85 persen pengguna baru berasal dari daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), dan terdapat pengusaha lokal dari 200 wilayah yang telah terdigitalisasi melalui Shopee. 

Di samping itu, Shopee juga meningkatkan dukungan terhadap komunitas lokal yang membutuhkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya 600 ribu orang yang turut berpartisipasi pada program tanggung jawab sosial perusahaan yang diselenggarakan oleh Shopee dan para mitra di sepanjang tahun 2022.

Direktur Eksekutif Shopee, Handhika Jahja mengatakan, di sepanjang 2022, pihaknya terus mendukung masyarakat Indonesia yang tengah berhadapan dengan kondisi ekonomi yang menantang. 

Baca juga : Ketua MK Selamat Apa Tamat

“Sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung kebutuhan para pembeli dan penjual, kami membantu pengguna dapat lebih berhemat saat membeli kebutuhan harian mereka dan di saat yang sama membantu pengusaha lokal membuka peluang baru,” ungkap Handhika dalam keterangan resminya, Kamis (13/4).

Sebagai contoh, Shopee membantu membuka akses pasar yang lebih luas bagi penjual melalui Program Ekspor Shopee. Pihaknya berterima kasih atas kepercayaannya masyarakat Indonesia bagi Shopee, dan akan terus fokus untuk membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih tangguh sepanjang tahun mendatang.

Ia melanjutkan, terlepas dari tantangan sosial dan ekonomi, pembeli dan pelaku bisnis berhasil mendapatkan lebih banyak nilai dan peluang baru secara online, didukung dengan upaya yang telah dilakukan Shopee selama 1 tahun ke belakang.

Seperti misalnya, Shopee memberikan nilai tambah, dengan pembeli dapat berhemat lebih dari Rp 25 triliun untuk kebutuhan pokok dan harian dengan berbelanja online di setiap kampanye spesial yang Shopee adakan setiap bulan. 

Baca juga : Top! Slipknot Pilih Konser Di Indonesia Ketimbang Singapura

Di Indonesia, Shopee menghadirkan Big Ramadhan Sale dan laman khusus untuk Penjual lokal, seperti Shopee Pilih Lokal dan Shopee Barokah, serta penawaran eksklusif dari berbagai brand yang membantu Pembeli bisa mendapatkan produk dengan harga lebih terjangkau.

“Kami juga menciptakan peluang baru. Di mana jutaan Penjual lokal di Asia Tenggara telah mengembangkan bisnisnya secara digital di tahun 2022,” kata Handhika.

Bahkan tidak hanya membantu menarik Pembeli baru dan berinteraksi lebih baik dengan pelanggan setianya, di Indonesia, Shopee juga membuka kesempatan bagi penjual di seluruh pelosok negeri untuk mengekspor produk mereka dan menjangkau pasar dunia di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin. 

Dinova Store, salah satu penjual kerajinan asal Tulungagung, Jawa Timur, mengembangkan toko online-nya di Shopee dan berhasil menjangkau Pembeli baru dari 4 negara di Asia. Selain mengembangkan bisnisnya, Dinova Store juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi 16 orang dari lingkungan sekitarnya.

Baca juga : Krakatau Steel Bayar Utang Rp 2,7 Triliun

Shopee juga mencatat pertumbuhan akses digital. Banyak pengguna bertransaksi secara online menggunakan layanan lainnya, seperti pembayaran digital dan pemesanan makanan. Sebanyak 24 juta pengguna melakukan transaksi ShopeePay pertama mereka di tahun 2022.

Meningkatkan kualitas talenta lokal: Shopee juga terus meningkatkan keterampilan Penjual, wirausahawan, dan talenta lokal melalui program Shopee, seperti Kampus Shopee dan Shopee Code League, sehingga mampu menempatkan mereka di posisi terbaik untuk menuju kesuksesan di ekonomi digital.

Handhika melanjutnya, Shopee turut meningkatkan keterampilan 2 juta penjual melalui Kampus Shopee pada 2022. Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Indonesia juga mengadakan lebih dari 2.000 kelas sepanjang tahun bagi puluhan ribu Penjual di Indonesia.

“Meningkatkan keterampilan sekitar 20.000 talenta lokal melalui kompetisi teknologi Shopee dan program pelatihan. Di Indonesia, Shopee berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan digital generasi muda melalui kolaborasi dengan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat untuk membuat kurikulum digital bisnis bagi 26.000 SMK siswa se-Jawa Barat,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.