Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Raih Treble Winner

The Citizens Torehkan Sejarah

Senin, 12 Juni 2023 07:00 WIB
Selebrasi pemain Manchester City raih gelar Liga Champions. (Foto: Reuters)
Selebrasi pemain Manchester City raih gelar Liga Champions. (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Klub Liga Inggris, Manchester City akhirnya menciptakan sejarah baru bagi klubnya. The Citizens sukses meraih gelar Liga Champions untuk pertamanya, setelah menaklukkan wakil Italia, Inter Milan 1-0 di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki, dini hari kemarin.

Gol semata wayang City dicip­takan Rodri melalui tembakan pada menit ke-68. Trofi ‘Si Kuping Besar’ ini sekaligus menyempurnakan trofi City yang musim ini dengan meraih treble winner usai juara di Liga Primer Inggris dan Piala FA.

City memastikan menjadi juara Liga Champions 2022/2023. Ini merupakan gelar juara Liga Cham­pions pertama untuk Manchester City. Prestasi terbaik City sebelum­nya di ajang ini adalah menjadi run­ner-up di musim 2020/2021. Mereka kala itu gagal juara usai kalah 0-1 dari Chelsea di final.

Manchester City menjadi tim kedua di Inggris yang mampu menorehkan treble winner. Mereka menyamai prestasi sang rival sekota Manchester United yang meraih treble winner pada musim 1998/1999.

Baca juga : The Citizens Nunggu Sejarah Baru

Selain itu, kemenangan ini sekaligus membuat catatan Er­ling Haaland menjadi sempurna. Pasalnya, pemain asal Norwegia itu juga dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak, dengan total 12 gol.

Menariknya, keseluruhan gol tersebut dicetak Haaland dari 10 pertandingan yang dilakoni. Mengutip Transfermarkt, re­rata gol per menitnya adalah 63. Jumlah tersebut lebih empat gol dibanding pemain Liverpool, Mohamed Salah. Di bawahnya ada Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain) dan Vinicius Junior (Real Madrid) yang mencetak tujuh gol.

Ini adalah musim pertama Haaland bersama Man City setelah dibeli dari Borussia Dort­mund. Penyerang berusia 22 tahun tersebut membuktikan jika layak dipinang oleh tim berjuluk The Citizens.

Dia membayar kepercayaan yang diberikan oleh manajer ManCity, Pep Guardiola dengan produktivitas gol. Itu juga sebab­nya dia selalu menjadi sorotan bagi lawan-lawan ManCity.

Baca juga : ‘Si Palu’ Cetak Sejarah Baru

Haaland menjadi pencetak gol terbanyak bukan cuma di Liga Champions. Di Premier League dia juga mengukir prestasi sama. Gelarnya itu dilengkapi dengan trofi juara ManCity pada kom­petisi kasta tertinggi di Negeri Ratu Elizabeth.

Sepanjang Premier League 2022/2023, Haaland mencetak 36 gol ke gawang lawan-lawan ManCity. Dia unggul enam gol dari penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane yang ada di urutan kedua. Tak berhenti sampai di situ, Haaland juga didapuk sebagai pemain terbaik Premier League 2022/2023.

Sementara itu, bagi Guardiola ini merupakan gelar treble win­ner kedua kalinya. Treble pertama ia rengkuh saat menangani Barcelona. Saat itu, di musim 2008/2009, tim asuhannya ber­hasil menjuarai La Liga, Copa Del Rey dan Liga Champions.

Kini 14 tahun berselang, to­rehan fantastis itu ia ulangi dengan tim yang berbeda yakni Manchester City. “Kompetisi ini (Liga Champions) membuat tre­ble sangat sulit diraih,” ucapnya.

Baca juga : Di RUPS, Pemerintah Apresiasi Kinerja PLN Terbaik Sepanjang Sejarah

Pelatih Inter Milan Simone Inzaghi menegaskan timnya tidak beruntung kalah 0-1 di final Liga Champions, melawan favorit kuat Manchester City. “Kami memang menyesal karena keka­lahan adalah hal terburuk dalam olahraga, tetapi saya harus mengucapkan selamat kepada para pemain saya,” kata Inzaghi.

“Mereka sangat kecewa tapi mereka seharusnya sangat bang­ga dengan cara mereka bermain. Kami tidak pantas kalah. Kami bermain melawan tim hebat, tentu saja, tapi Inter juga me­mainkan final yang hebat.”

Bagi Inter ini merupakan pertama kalinya mereka tampil di final Liga Champions sejak mereka memenangkannya pada tahun 2010 di bawah Jose Mourinho. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.