Dark/Light Mode

Manchester City Vs Inter Milan

The Citizens Nunggu Sejarah Baru

Sabtu, 10 Juni 2023 07:00 WIB
Lautaro Martinez. (Foto: AP Photo)
Lautaro Martinez. (Foto: AP Photo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Final Liga Champions 2022/2023 antara Manchester City vs Inter Milan akan digelar di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Turki, dini hari nanti. Duel ini bakal panas. Pasalnya, jadi ajang pembuktian Pep Guardiola meraih gelar pertama bersama City, sekaligus treble winner musim ini.

Sebelumnya, The Citizens - julukan City, sukses mengalah­kan Arsenal dalam perburuan gelar Liga Primer Inggris dan menang dari Manchester United (MU) di Piala FA. Kini, City memburu gelar ketiga, yakni Liga Champions.

Tapi, perjuangan untuk meraih itu tidak akan mudah. Mereka akan berhadapan dengan wakil Italia, Inter Milan, yang nota­bene peraih treble winner musim 2009/2010.

Baca juga : Misi Ngejar Sejarah Baru

Sebelum ini, hanya ada satu klub Inggris yang pernah meraih treble, yakni Manchester United pada musim 1998/1999. Status itu tentu tidak akan lagi eksk­lusif andai musim ini sang rival sekota Man City bisa menya­mainya.

Namun demikian, Man City merupakan tim yang tergolong perkasa lantaran belum terkalah­kan di Liga Champions musim ini. Lini depan mereka juga terbukti menjadi yang tertajam dengan 31 gol berkat kontribusi Erling Haaland sang top skor, serta Kevin De Bruyne sang top assist.

Perjalanan City menembus babak final juga terbilang mulus. Mereka jadi juara grup, kemu­dian mengandaskan RBLeipzig, Bayern Munchen dan juara bertahan Real Madrid, sebelum akhirnya mencapai final kedua mereka di kompetisi ini.

Baca juga : Hasil Seri A: Lazio Runner-up, Inter Milan Segel Peringkat 3

Di atas kertas, dengan skuad yang lebih kuat, Man City bakal lebih difavoritkan. Namun, Man City tidak akan menganggap re­meh lawan. Pasalnya, meski sepak terjangnya musim ini tak sehebat Man City, anak-anak asuh Simone Inzaghi itu tetap bisa menjadi ancaman berbahaya.

Di fase grup, Inter turut andil melempar Barcelona ke Liga Europa. Setelah itu, dengan Andre Onana yang tangguh di bawah mistar, Inter membuat Porto dan Benfica frustrasi di babak 16 besar dan perempat final. Memenangi derby kontra AC Milan di semifinal, Inter pun menginjakkan kaki di final.

Lautaro Martinez, Romelu Lukaku dan eks Man City, Edin Dzeko, beberapa pemain yang bisa menjadi andalan Inter di final nanti. Meski tak sebuas Haaland, mereka tetap bisa menjadi ancaman besar buat Man City.

Baca juga : The Citizens Mau Cetak Sejarah

Keberadaan Inzaghi sebagai pelatih juga pantas dijadikan per­timbangan. Pasalnya, dalam tujuh final terakhirnya, mantan arsitek Lazio itu selalu bisa mengantar­kan tim-timnya jadi juara. Musim ini, meski cuma finish peringkat tiga di Serie A, dia sudah mem­bawa Inter juara Supercoppa Italia dan Coppa Italia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.