Dark/Light Mode

Kemenpora Jalankan Misi Penyelamatan Budaya Lewat Potradnas IX

Selasa, 13 Juni 2023 17:01 WIB
Menpora Dito Ariotedjo saat membuka Potradnas Lapangan Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar), Selasa (13/6/2023). (Foto : Kemenpora)
Menpora Dito Ariotedjo saat membuka Potradnas Lapangan Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar), Selasa (13/6/2023). (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Dito Ariotedjo mengatakakan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas) sebagai misi penyelamatan budaya Indonesia dari pengaruh budaya asing di era digitalisasi.

Hal itu disampaikan saat pembukaan Potradnas di Panggung Lapangan Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar), Selasa (13/6/2023).

"Memang antusias masyarakat belum mencapai puluhan ribu menyaksikan atau mengikuti Potradnas IX tahun 2023 di Kuningan, Jawa Barat ini. Tetapi, kita telah menjalankan misi penyelamatan budaya Indonesia dari pengaruh budaya asing efek dari era digitalisasi dengan anak-anak muda tetap tertarik bergabung di jalur olahraga tradisional," kata Menpora Dito usai membuka perhelatan tersebut.

Saat pembukaan, Menpora Dito sisuguhkan menikmati penampilan 15 pelajar SDN 1 Cigaduk, Kabupaten Kuningan yang menyajikan berbagai permainan tradisional pada acara pembukaan .

Baca juga : Kemenperin Genjot Penyerapan Anggaran

Event ini diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dibawah kendali Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga pimpinan Raden Isnanta tersebut.

"Olahraga tradisional itu terbentuk dari sejarah dan budaya yang merupakan cikal bakal nilai fiosofi ke-Indonesiaan dan Nusantara, dimana sportivitas dan gotong royong merupakan kebudayaan asli Indonesia," tambahnya.

Menurut Menpora, Potradnas yang mempertandingkan lima cabang olahraga tersebut juga bertujuan melestarikan olahraga tradisional, akan terus didorong untuk lebih berkembang.

Kini, 11 cabang olahraga tradisional pun bakal dipertandingkan pada Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) yang akan digelar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 2-9 Juli 2023 mendatang.

Baca juga : PSIS Semarang Datangkan Gelandang Asal Prancis

"Di Potradnas kali ni memang baru hanya 5 cabang olahraga tradisional yang dipertandingkan, tetapi di Fornas nanti ada 11 cabang olahraga tradisional yang dimainkan. Jadi, Potradnas ini sebagai Pra event Fornas," jelasnya.

Selain melestarikan budaya Indonesia, kata Menpora Dito, Kemenpora akan berusaha mendorong olahraga tradisional Indonesia untuk bisa dipertandingkan pada multi event internasional. Salah satunya dengan menyebut cabang olahraga pencak silat.

"Ada dua cabang olahraga tradisional potensial yakni pencak silat dan Hadang. Kini, kita akan terus mendorong pencak silat untuk bisa dipertandingkan di Olimpiade," jelasnya.

Secara khusus Menpora Dito juga memberikan apresiasi Raffi Ahmad dan Desta yang dalam platform digitalnya mempertandingkan olahraga tradisional. "Ke depan, kita berharap olahraga tradisional ini bisa ditayangkan di televisi dan juga bisa dikembangkan sebagai sports tourism dan sports industry," imbuhnya.

Baca juga : Bisnis Penerbangan RI Bakal Makin Bergairah

Dalam kesempatan itu, Menpora Dito mengaku senang berada di kawasan bersejarah Linggarjati Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang merupakan tempat perundingan Indonesia dan Belanda pasca kemerdekaan.

Dia menyebut tempat ini bagian tidak terpisahkan dimulainya perkembangan Indonesia sebagai bangsa merdeka. "Hari ini kita berkumpul di tempat ini untuk melestarikan tradisi bersejarah yang sudah turun temurun yaitu permainan tradisional yang sudah dikemas menjadi olahraga tradisional," katanya.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat dalam berbagai sendi kehidupan, kata Menpora Dito, tentu menjadi tantangan tersendiri dalam upaya menjaga dan melestarikan tradisi permainan tradisional. Namun, dia yakin tradisi tersebut bisa terjaga dengan kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.