Dark/Light Mode

Harum Energy Mens World Tennis Tour, Indonesia Pastikan 1 Slot Di 16 Besar

Selasa, 13 Juni 2023 20:51 WIB
Petenis tunggal putra Indonesia Muhammad Gunawan Trismuwantara (Foto: Istimewa)
Petenis tunggal putra Indonesia Muhammad Gunawan Trismuwantara (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia berhasil menambah dua wakil ke babak utama pekan pertama Harum Energy Men's World Tennis Tour 2023. Achad Imam Maruf dan Muhammad Gunawan Trismuwantara memenangkan partai final tunggal kualifikasi yang berlangsung di Lapangan Tenis The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Selasa (13/6).

Imam Maruf menang atas petenis Ukraina, Vadym Konovchuk. Kehilangan set pertama, petenis 26 tahun itu bermain lebih sabar dan tenang. Pemain asal Yogyakarta yang membela Papua Barat di PON 2021 itu mampu membalikkan keadaan, memenangi laga dengan skor akhir 3-6 6-3 [10-5].

"Saya terburu-buru untuk mematikan bola. Servis lawan juga lagi bagus sekali. No chance buat di set pertama. Saya bisa memaksa rally panjang di set kedua, berusaha meminimalisir error. Malah lawan yang banyak miss. Alhamdulillah, target pertama saya tercapai dengan memasuki babak utama,” ucapnya.

Baca juga : Petenis 32 Negara Tampil Di Harum Energy Men’s World Tennis Tour 2023

Di turnamen ini, Imam bertekad untuk mendapatkan hasil terbaik. “Lebih lagi, saya sudah lama tidak bermain pro. Dalam setahun ini, tentu, saya ingin kembali ke Tim Nasional. Namun, pemilihan ini saya serahkan kepada pengurus PP Pelti (Persatuan Lawn Tenis Indonesia) dan pelatih yang mengerti kebutuhan tim," ujarnya.

Serupa dengan Imam, Gunawan pun melaju usai membalikkan keadaan atas wakil India, A Shanmugam. Pada set pertama, petenis asal Madura itu kalah tie break, 6-7 (8). Bermain ulet, petenis 20 tahun itu memaksakan rubber set usai mengambil set kedua, 7-5. Menghabiskan 2 jam 40 menit, laga usai setelah dirinya menang set penentu, tie break 11-9.

Kedua petenis yang pernah menghuni skuad Indonesia di Piala Davis itu bakal saling berhadapan di babak pertama perhelatan yang disponsori perusahaan pertambangan ini, Rabu (14/6). Dengan begitu, Indonesia dipastikan akan mengirim wakil di 16 besar.

Baca juga : Cinta Quran Center Milad Ke-5, Komit Lahirkan Santri Berkarakter

“Persiapannya sama saja. Istirahat yang cukup supaya meraih hasil maksimal," tutur Imam.

Selain Imam dan Gunawan, empat wakil tuan rumah telah menjejak babak utama ajang berlevel M15 ITF ini berbekal fasilitas wild card. Mereka adalah Giorgio Soemarno, Justin Barki, Claudio Renaldi Lumanau, serta Renaldi Aqila Arifadli Salim. 

Pada pertandingan pembuka, Giorgio bertemu wakil Taiwan yang lolos dari kualifikasi, Hong-Lin Fu. Claudio menghadapi wakil India, Shivank Bhatnagar, Justin meladeni wakil India, Siddhant Bhantia. Sementara, Renaldi menjajal unggulan kedua asal Turki, Yanki Erel.

Baca juga : Hadapi Ekstremisme Di Asia Tenggara, Indonesia Dan AS Fokus Bangun Ketahanan Masyarakat

Di nomor ganda, duet kakak beradik Justin dan Jaydon Barki menantang pasangan gado-gado Jepang dan Italia, Yuichiro Inui/Lorenzo Lorusso. Sedangkan duo Susanto, David Agung dan Anthony, menguji duet Australia, Cade Birrell/Moerani Bouzige. Sedangkan Giorgio Soemarno yang menggandeng Achad Imam bakal menantang unggulan keempat dari Jepang, Sora Fukuda/Tomohiro Masabayashi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.