Dark/Light Mode

Digelar Kemenpora, Potradas Bangkitkan UMKM Di Kuningan

Rabu, 14 Juni 2023 05:17 WIB
Menpora Dito Ariotedjo bersama pengusaha UMKM di acara Potradas, Kuningan. (Foto : ist)
Menpora Dito Ariotedjo bersama pengusaha UMKM di acara Potradas, Kuningan. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perhelatan Pekan Olahraga Tradisional Nasional (Potradas) IX Tahun 2023 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang digelar Kemenpora membangkitkan perekonomian daerah yang dijuluki sebagai "Kota Kuda" tersebut.

Hotel terdekat dari lokasi penyelenggaraan di Open Space Gallery Linggarjati dipadati para peserta dari seluruh Indonesia yang rata-rata para kawula muda berusia 15-22 tahun. Ini membuktikan ajang olahraga tradisional yang dibuka oleh Menpora Dito Ariotedjo ini menjadi sports tourism dan sports industri.

Para juga bakal mengunjungi destinasi wisata di Kuningan, seperti Gedung Perundingan Linggajati yang sangat bersejarah, destinasi wisata Pondok  Pinus Palutungan, Telaga Biru Cicerem dan lainnya.

Baca juga : Gencar Gaet Investor, MRT Jakarta Buktikan Kawasan TOD Jadi Proyek Yang Menjanjikan

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun menggeliat di tengah-tengah perhelatan Potradas IX tahun 2023 ini. Puluhan gerai UMKM berjejer dipadati pembeli di sepanjang Open Space Gallery Linggarjati. Mulai dari makanan ringan olahan lokal, kopi, hingga produk baju olahraga buatan dalam negeri dan lainnya.

Pasca membuka acara Potradas IX tahun 2023, Manpora Dito pun menyambangi gerai UMKM tersebut membeli beberapa dagangan sebagai buah tangan kembali ke Ibu Kota. Sontak, para pengunjung yang menyaksikan ajang tersebut pun juga berbelanja, sehingga geliat perekonomian pun tumbuh.

"Senang banget dengan adanya event Potradas ini. Alhamdulillah, Terima kasih banyak Pak Menpora yang sudah menunjuk Kabupaten Kuningan menjadi tuan rumah, sehingga roda perekonomian khususnya dari sektor UMKM berputar," ucap Ibu Ian, salah satu pelaku UMKM binaan Binangkit yang membina 60 orang.

Baca juga : Sah, Dalot 5 Tahun Lagi Bareng Man United

"Semoga acara-acara olahraga seperti ini dapat terus berlangsung di Kuningan, karena sangat menguntungkan kita, selain itu produk asli Kuningan bisa diketahui oleh masyarakat luas," tambahnya.

Senada dengan Ibu Nida. Pedagang yang mengaku asal Cirebon itu sengaja berjualan di tengah-tengah perhelatan Potradas IX di Kuningan ini. Dirinya sangat bersyukur dagangannya laku, terlebih diantara pembelinya adalah Menpora Dito.

"Alhamdulillah, dagangan saya laku, apalagi dibeli sama Pak Menpora. Saya sangat terharu, Pak Menpora tidak melupakan UMKM. Semoga ajang Potradas ini sukses dan Pak Menpora juga sukses. Amin," ucap Ibu Nida yang berjualan bersama putranya yang masih kecil, terharu disambangi Mepora Dito.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.