Dark/Light Mode

Digitalisasi Ciptakan UMKM Yang Berdaya Saing

Jumat, 19 Mei 2023 16:29 WIB
Dengan digitalisasi UMKM mampu menciptakan bisnis berdaya saing . (Foto: Ilustrasi)
Dengan digitalisasi UMKM mampu menciptakan bisnis berdaya saing . (Foto: Ilustrasi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaku UMKM diharapkan bisa beradaptasi secara digital, guna menjangkau lebih banyak masyarakat. Hal ini perlu digencarkan untuk mengambil potensi dari pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19 melalui teknologi.

Proses digitalisasi nyatanya tidak hanya membantu UMKM untuk menjangkau lebih banyak pembeli, melainkan bisa membawa bisnis UMKM lokal ke jenjang yang lebih profesional.

Baca juga : Lewat Digitalisasi, PGE Dongkrak Ekonomi Warga Kamojang

Salah satu upaya digitalisasi yang bisa dilakukan oleh UMKM ialah memanfaatkan platform e-commerce.

Kepala Bidang Kemudahan Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Berry Fauzi mengatakan, UMKM banyak memanfaatkan jaringan marketplace untuk memasarkan produknya di masa pandemi. Hal tersebut juga tertuang dalam laporan MSME Empowerment Report, 2022.

Baca juga : Ini Kontribusi PGE Lestarikan Lingkungan Dan Berdayakan Masyarakat Di Kamojang

“Sebanyak 40 persen UMKM menggunakan social media, 38 persen menggunakan instant messaging, menggunakan e-commerce 13 persen, dan ride hailing 5 persen,” ucap Berry dalam keterangannya, Jumat (19/5).

Saat ini, tak jarang banyak pelaku UMKM yang masih mengalami beberapa kendala saat mengakses digital.

Baca juga : Hindari Hoaks, Pakar Medsos: Bangun Budaya Tabayyun

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh DSInnovate kepada 1.500 pemilik UMKM, ditemukan beberapa kendala yang dialami oleh UMKM. Survei menunjukan bahwa 30,9 persen UMKM kesulitan dalam mengadopsi digital.

Sedangkan 70,2 persen pemilik UMKM bermasalah saat melakukan pemasaran produk. Permasalahan lainnya ialah berkaitan dengan akses permodalan yang mencapai 51,2 persen, masalah pemenuhan atau persediaan bahan baku sebesar 46,3 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.