Dark/Light Mode

Jadi Rebutan Klub Elite

Haaland Tetap Setia Sama City

Jumat, 23 Juni 2023 07:00 WIB
Erling Haaland. (Foto: Twitter @ManCity)
Erling Haaland. (Foto: Twitter @ManCity)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penampilan superior Erling Haaland bersama Manchester City sepanjang musim 2022-2023, membuat banyak klub kepincut ingin meminangnya. Pemain Timnas Norwegia ini dikabarkan tengah menyeleksi tim mana yang akan dibelanya musim depan.

Kiprah Haaland bersama The Citizen - julukan Man City, da­lam satu musim cukup fantastis dalam menciptakan gol. Total 52 gol dari beberapa kompetisi yang dilakoninya bersama Man City.

Di Liga Inggris, pemain ber­postur tinggi besar itu tercatat membuat 36 gol dan delapan assist dari 33 laga. Dirinya juga sukses mengemas 12 gol dan satu assist dalam 10 laga di Liga Champions. Sisanya, torehan gol dibukukan di ajang Piala FA(tiga gol) dan Piala Liga Inggris (satu gol).

Raihan gol tersebut membuat Haaland jadi incaran banyak klub pada musim panas 2023. Meski mendapatkan tawaran dari banyak klub besar Eropa, namun Haaland tak pindah ke lain hati.

Baca juga : PT Esta Indonesia Resmikan Rumah Budidaya Walet Smart Pertama Di Dunia

Diwakili oleh agennya, Rafaela Pimenta, Haaland memi­lih bertahan di The Citizens pada musim 2023-2024.

“Haaland akan tetap di Man City dan akan terus di sana,” kata Pimenta seperti dikutip dari The Sun, kemarin.

Dalam gelaran UEFANations League 2022-2023, Haaland berhasil menorehkan satu pen­capaian hebat. Haaland bersama Aleksandar Mitrovic keluar sebagai top scorer, karena sama-sama mencetak enam gol.

Kualitas ketajaman Haaland masih unggul ketimbang Mitrovic. Haaland mengemas dua gol untuk Timnas Norwegia di dua laga melawan Serbia, dan empat gol saat melawan Swedia di kompetisi sama. Sedangkan Mitrovic, gagal menorehkan gol saat bersama Timnas Serbia.

Baca juga : Haaland Terdepan Dapat Sepatu Emas

Keberhasilan ini jelas mem­buat Haaland menjadi top scorer, sekaligus penyerang terhebat di Eropa musim 2022-2023. Sebab, ini kali ketiganya peny­erang berusia 22 tahun itu men­gantongi dua gelar top scorer berturut-turut.

Pertama, bomber Manchester City itu jadi pencetak gol ter­banyak Liga Inggris dengan 36 gol. Haaland melesakkan 36 gol dalam 35 laga Premier League.

Kedua, Haaland menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions dengan 12 gol. Jumlah gol di atas mampu dile­sakkan oleh sang bomber dalam 11 pertandingan.

Dengan catatan apik tersebut, wajar jika nilai pasar Haaland juga melonjak. Nilai pasarnya saat ini mencapai 180 juta euro, naik 10 juta euro dari sebelum­nya. Nilai pasar ini kian men­gokohkan posisi Haaland dalam daftar pemain ‘termahal’ di Liga Premier Inggris saat ini.

Baca juga : Sering Jadi Ban Serep, Eden Hazard Tetap Betah Di Real Madrid

Selain Haaland, ada sejumlah pemain lain yang juga masuk daf­tar pemain termahal, yakni Harry Kane (Tottenham Hotspurs), Martin Odegaard (Arsenal), Phil Foden (Manchester City), Bukayo Saka (Arsenal). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.