Dark/Light Mode

Wimbledon 2023

Svitolina Menang, Azarenka Dicemooh

Selasa, 11 Juli 2023 07:00 WIB
Elina Svitolina. (Foto: Getty Images)
Elina Svitolina. (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petenis Ukraina, Elina Svitolina tampil mengesankan di babak 16 besar Wimbledon 2023, kemarin. Svitolina mengalahkan petenis Belarusia, Victoria Azarenka dengan skor 2-6, 6-4, 7-6 (11-9).

Diketahui, Svitolina tidak pernah mau berjabat tangan dengan para petenis Rusia atau Belarus setelah pertandingan. Ini dilakukannya sejak pecah perang di Ukraina.

Di pertandingan Wimbledon 2023, Svitolina tidak mau mene­mui dan bersalaman dengan Azarenka usai laga. Svitolina langsung meninggalkan Azarenka. Aksi Svitolina ini disambut hangat penonton. Justru, Azarenka dicemooh penonton saat menin­ggalkan arena Court One.

Baca juga : Alcaraz Tak Terbendung

“Apa yang mestinya saya lakukan? Bertahan di sana dan menunggu. Ia (Svitolina) tidak mau bersalaman dengan orang-orang Rusia dan Belarus. Saya menghormati keputusannya,” kata Azanreka seperti dikutip dari BBC, kemarin.

Di depan para penonton yang memberinya dukungan maksimal, Svitolina akhirnya mampu meme­nangi pertandingan dan menga­mankan tiket ke perempat final.

Setelah Svitolina meraih match point pertamanya mela­lui ace, Azarenka memberi gestur penghormatan kepada sang lawan. Tapi, Svitolins tidak memberikan respon.

Baca juga : Andy Murray Angkat Koper

Ketika mendengar cemoo­han dari penonton kepadanya saat meninggalkan Court One, Azarenka sempat berhenti dan melakukan gestur keheranan kepada para penonton sebelum kemudian benar-benar mening­galkan lapangan. Svitolina tidak dapat memberi jawaban soal cemoohan penonton Inggris kepada Azarenka.

Pada French Open bulan lalu, Svitolina dicemooh ketika men­inggalkan lapangan setelah ia tidak bersalaman dengan petenis Belarus Aryna Sabalenka. Saat itu, Svitolina kalah oleh Sabalenka di babak perempat final.

“Saya merasa, setiap kali se­orang pemain kalah, dan tidak ada salaman, itu akan dicemooh. Menurut saya, organisasi tenis harus mengeluarkan pernyataan bahwa tidak akan ada salaman antara petenis Belarus dan Rusia dengan petenis Ukraina,” kata Svitolina, yang baru bermain tiga bulan lalu setelah melahirkan pu­trinya Skai pada Oktober 2022.

Baca juga : Alcaraz Ogah Ditekan Djoker

Svitolina sudah berulangkali menyampaikan kalau dirinya tak akan pernah bersalaman dengan petenis Belarusia dan Rusia. “Saya tidak mau salaman sampai tentara Rusia keluar dari Ukraina dan kami mendapatkan kembali wilayah kami. Saya tidak tahu harus sejelas apa lagi,” tutup Svitolina.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.