Dark/Light Mode

Indonesia Nihil Gelar Di Jepang Terbuka 2023

Jojo Tak Berdaya Ladeni ‘Si Menara’

Senin, 31 Juli 2023 07:00 WIB
Viktor Axelsen dan Jonatan Christie. (Foto: PBSI)
Viktor Axelsen dan Jonatan Christie. (Foto: PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie harus mengakui keperkasaan pebulutangkis nomor satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen di partai final Jepang Terbuka 2023. Jojo - sapaan Jonatan baru dua kali menang dari sepuluh pertemuan dengan Axelsen.

Dalam pertandingan yang digelar di Yoyogi National Stadium, Tokyo, Jepang, Jonatan kalah dua game langsung dengan skor 7-21 dan 18-21 dalam waktu 44 menit. Dengan hasil tersebut, Jonatan harus puas hanya sebagai runner-up dalam turnamen Super 750 ini. Ini men­jadi kali kedua dia meraih posisi runner-up di Jepang Terbuka, setelah sebelumnya di 2019, kalah dari jagoan tuan rumah, Kento Momota.

Baca juga : 2 Wakil Indonesia Lolos 16 Besar Japan Open 2023, Cek Jadwal Tanding Hari Kedua

Dari game pertama, Jojo mengalami kesulitan. Bahkan, Axelsen menguasai jalannya permainan dan dengan cepat unggul 11-0. Setelah istirahat, Jonatan berusaha bangkit, na­mun belum mampu keluar dari tekanan Axelsen. Pertahanannya rapuh, dan dia tertinggal dengan selisih angka yang signifikan, 4-16.

Di tengah tekanan, pemain Pelatnas ini kerap melakukan kesalahan sendiri, dan akhirnya kalah telak di gim pertama dengan skor 7-21.

Baca juga : BUMN Patok 2 Juta WNI Tak Berobat Lagi Ke LN

Pada game kedua, Jonatan berusaha memberikan perlawa­nan lebih baik. Kedua pemain saling kejar mengejar angka, mencapai skor imbang 11-8 un­tuk Jojo. Namun, ‘Si Menara’ -julukan Axelsen tidak menyerah dan berusaha mendekati dan akhirnya menyamakan kedudu­kan 16-16. Setelah menekan, Axelsen akhirnya berhasil men­jauh dan berbalik unggul 19-17. Dengan smash-smash keras, dia mengunci kemenangan di gim kedua dengan skor 21-18.

Meskipun Jonatan harus puas dengan posisi runner-up, namun penampilannya dalam Jepang Terbuka 2023 patut diapresiasi. Axelsen menjadi juara dalam pertarungan sengit ini dan men­gukuhkan dominasinya sebagai pemain unggulan pertama di turnamen tersebut.

Baca juga : Si Menara Cetak Hattrick

“Pertama-tama Puji Tuhan, Puji Syukur untuk hasil yang diberikan Tuhan buat saya di Japan Open ini. Memang harus menerima kembali berada di po­sisi kedua di sini, tapi saya rasa pencapaian saya sudah cukup baik,” kata Jonatan, dikutip dari keterangan resmi PBSI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.