Dark/Light Mode

Tenis Cincinnati Masters 2023

Alcaraz Dan The Djoker Kembali Saling Cakar

Senin, 21 Agustus 2023 07:00 WIB
Carlos Alcaraz dan Novak Djokovic. (Foto: Getty Images)
Carlos Alcaraz dan Novak Djokovic. (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertarungan dua petenis top dunia Carlos Alcaraz dan Novak Djokovic di final Cincinnati Masters 2023 tidak terhindarkan. Duel petenis nomor satu dunia dan dua dunia ini akan menjadi pertemuan keempat kalinya.

Alcaraz yang berusia 20 tahun, menjadi finalis Cincinnati termuda setelah Pete Sampras yang berusia 19 tahun pada 1991, Djokovic bisa saja menjadi juara Cincinnati tertua di Era Open. Pertemuan ini mengulang final Wimbledon yang epik bulan lalu, yang dimenangi oleh petenis no­mor satu dunia Alcaraz.

Petenis asal Spanyol ini mela­ju ke final, setelah mengalahkan Hubert Hurkacz 2-6, 7-6(7/4), 6-3. Alcaraz bangkit untuk men­galahkan petenis Polandia itu untuk kedua kalinya dalam beberapa pekan, mendominasi set ketiga sekaligus mengatur perebutan gelar melawan Novak Djokovic.

Baca juga : Swiatek Mulus Ke Semifinal

“Ini merupakan turnamen yang sangat sulit bagi saya, semua pertandingan saya ber­langsung tiga set. Tapi saya senang memenangi pertandingan semacam ini dengan tetap kuat secara mental,” kata Alcaraz seusai pertandingan.

Kemenangan yang diraih set­elah dua jam dan 18 menit tersebut merupakan kemenangan pertand­ingan ke-53 petenis berusia 20 tahun itu musim ini, berbanding lima kekalahan. Kemenangan itu memastikan Alcaraz tetap berada di puncak peringkat dunia men­jelang US Open, yang dimulai 28 Agustus. “Saya tumbuh besar dengan pengalaman ini. Senang berada di final,” ujarnya.

Setelah kehilangan set per­tama, Alcaraz berada di tepi jurang pada gim ke-10 set kedua, tetapi Hurkacz melepaskan pukulan melebar pada match point dan mereka melanjutkan ke tie break. Hurkacz memimpin 4-1 pada set penentuan, tetapi Alcaraz bangkit untuk menya­makan kedudukan.

Baca juga : Fokina Cedera, Djoker Melaju

Alcaraz akan mengincar trofi Masters ketiganya musim ini setelah Indian Wells dan Madrid. Cincinnati akan menjadi final kedelapannya pada 2023. Ia adalah finalis Cincinnati ter­muda setelah Pete Sampras yang berusia 19 tahun pada 1991.

Sementara itu, The Djoker - julukan Djokovic melang­kah ke final setelah mengalah­kan petenis Jerman, Alexander Zverev 7-6(7/5), 7-5. Petenis asal Serbia ini sempat terganggu dengan pertunjukan kembang api di taman hiburan dekat stadion, tetapi berhasil menda­patkan kembali fokusnya dan menyelesaikan pertandingan.

“Saya memainkan permainan yang sangat buruk, tetapi saya bangkit kembali dan mengunci kemenangan di gim ke-12 set kedua,” kata Djokovic.

Baca juga : Kelelahan, Djoker Mundur

“Final dengan petenis nomor satu dan dua dunia saling ber­hadapan adalah yang saya kira diinginkan semua orang. Jadi, inilah kami,” ujar petenis asal Serbia itu.

Jika Djokovic memenang­kan gelarnya yang keempat tahun 2023, ia akan menjadi juara tertua Cincinnati dalam Era Terbuka, melampaui Ken Rosewall (1970).

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 21/8/2023 dengan judul Tenis Cincinnati Masters 2023, Alcaraz & The Djoker Kembali Saling Cakar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.