Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Asia U-23

Skuad Garuda Muda Butuh Darah Segar

Selasa, 29 Agustus 2023 05:39 WIB
Para pemain timnas U-23 Indonesia. (Foto : PSIS)
Para pemain timnas U-23 Indonesia. (Foto : PSIS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) berharap ada pemain baru di Tim Indonesia U-23 guna menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Pasalnya, masih banyak kekurangan dan celah yang harus diperbaiki Tim Garuda Muda.

Sejak ditunjuk sebagai Pelatih Tim Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023, STY mendatangkan pemain baru. Yakni Rifky Dwi Septiawan Abdul Rahman, Salim Tuharea, Muhammad Ragil dan Esal Sahrul. Keberadaan lima pemain itu membuat Shin Tae-yong merasa puas.

Pasalnya, Indonesia U-23 mampu keluar sebagai runnerup di Piala AFF U-23 2023. “Melalui turnamen ini, saya bisa melihat ada pemain baru dan bisa menambah skuad Garuda,” kata STY saat tiba di Tanah Air, Minggu (28/8) malam.

Baca juga : Erick Terharu, Garuda Muda Mati-Matian Demi Kehormatan Negara

STY sepertinya belum bisa beristirahat. Sebab, dia harus fokus pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Karena itu, pelatih asal Korea Selatan ini membuka kemungkinan akan mendatangkan wajah-wajah baru untuk Timnas Indonesia U-23.

Namun, dia harus melihat lebih dahulu kebutuhan timnya. “Jadi, saya berharap ada pemain baru yang berada di turnamen berikutnya,” harapnya.

Sekadar informasi, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dijadwalkan berlangsung pada 6 dan 12 September mendatang. Indonesia U-23 tergabung di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan.

Sementara untuk pemusatan latihan (TC) dijadwalkan berlangsung pada 4 September di Solo. Saat ini seluruh pemain Indonesia U-23 sudah dikembalikan ke klub masing-masing.

Baca juga : Erick: Saya Tahu, Garuda Muda Akan Berikan Yang Terbaik

“Kami sudah mendapat pelajaran dari turnamen ini dan akan bersiap lebih baik untuk TC Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, TC nanti mulai 4 September,” ujarnya.

STY mengapresiasi kerja keras maksimal dan semangat pantang menyerah tim U-23 yang ditunjukkan pada laga final Piala AFF U-23, di Rayong Provincial Stadium, Sabtu (26/8).

Sepanjang 120 menit mereka mencoba segala upaya namun drama adu penalti tak berpihak kepada skuad Garuda Muda. STY turut menyoroti agar AFF memberi perhatian soal keputusan wasit yang dinilai kontroversial pada laga final tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih utuk pemain kedua tim, Indonesia dan Vietnam. Saya juga mengucapkan selamat untuk Vietnam memenangi turnamen ini. Apresiasi juga untuk usaha para pemain, itu merupakan 120 menit usaha yang luar biasa,” ujar Shin.

Baca juga : Babak Pertama, Garuda Muda Sikat Thailand 3-1

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan, skuad yang tampil di Piala AFF U-23 maupun SEA Games 2023 menjadi fondasi awal untuk tampil di pentas Piala Asia U-23. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.