Dark/Light Mode

Piala AFF 2023

3 Tim Lewat, Tim Garuda Muda Masih Tunggu Mukjizat

Selasa, 22 Agustus 2023 05:33 WIB
Duel Timnas U-23 Indonesia vs Timor Leste di ajang Piala AFF 2023. (Foto : PSSI)
Duel Timnas U-23 Indonesia vs Timor Leste di ajang Piala AFF 2023. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persaingan Piala AFF U-23 2023 semakin ketat. Tiga tim dipastikan tersingkir, sedangkan Timnas Indonesia masih menunggu keajaiban atau mukjizat sebagai runner-up terbaik.

Ketiga tim yang dipastikan tersingkir adalah Myanmar, Brunei Darussalam dan Laos. Myanmar dan Brunei berasal dari Grup A.

Kedua tim ini tidak mampu bersaing dengan Thailand dan Kamboja di fase grup. Myanmar hanya mampu meraih satu poin dari dua pertandingan yang sudah dijalani sejauh ini.

Sementara, Brunei selalu menelan kekalahan dalam dua pertandingan yang telah mereka lakoni. Sedangkan, Laos sudah menjalani dua pertandingan di Grup C.

Baca juga : Komentar STY Usai Timnas Menang Tipis Lawan Timor Leste

Namun, tim ini gagal untuk meraih kemenangan. Laos hanya berhasil mengumpulkan satu poin selama kompetisi berlangsung. Mereka kalah bersaing melawan Vietnam dan Filipina.

Sedangkan, Indonesia membuka peluang lolos ke semifinal dengan status runner-up terbaik. Hal itu menyusul kemenangan tipis 1-0 atas Timor Leste di laga kedua sekaligus terakhir di Grup B di Stadion Provinsi Rayong, Thailad, Minggu (20/8).

Timor Leste mampu menyulitkan Indonesia pada awal babak pertama dengan menerapkan pressing tinggi untuk mengimbangi agresivitas Garuda Muda.

Namun, anak asuh Shin Taeyong perlahan mulai menemukan ritme pertandingan. Kebuntuan lantas pecah sebelum turun minum, tepatnya menit ke-45.

Baca juga : Gebuk Timor Leste 1-0, Timnas U-23 Masih Jaga Asa Ke Semifinal

Umpan silang Beckham dituntaskan sundulan jarak dekat Ramadhan Sananta. Tim Garuda Muda sudah menjalani semua pertandingan grup mereka.

Hasil dari dua pertandingan tersebut menunjukkan kekalahan dengan skor 1-2 dari Malaysia serta kemenangan dengan skor 1-0 melawan Timor Leste.

Dampak dari hasil-hasil tersebut membuat Timnas Indonesia U-23 menduduki posisi runnerup Grup B dan juga menduduki peringkat atas klasemen sementara runner-up terbaik.

Nasib kelolosan tim yang diasuh oleh Shin Tae-yong akan bergantung pada hasil pertandingan tim-tim lain pada matchday ketiga mendatang.

Baca juga : Babak Pertama, Timnas U-23 Unggul 1-0 Lawan Timor Leste

Saat ini, di klasemen runner-up AFF U-23 2023, Indonesia menempati posisi pertama. Mereka diikuti Filipina di Grup C dan Kamboja di Grup A yang baru memiliki 1 poin.

Bek sayap Timnas Indonesia U-23 Amiruddin Bagas Kaffa berharap Garuda Muda bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 . Harapan ini dilontarkannya setelah kemenangan tipis 1-0 atas Timor Leste U-23.

Bagas Kaffa pun berharap Garuda Muda bisa merebut satu slot semifinal melalui jalur runner-up terbaik.

“Laga yang sulit. Kami mendapatkan banyak peluang, tetapi hasilnya hanya 1-0,” kata Bagas Kaffa, seperti dikutip dari unggahan akun Twitter @AFFPresse, Senin (21/8/2023). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.