Dark/Light Mode

RI Runner Up Piala AFF U-23

Erick Terharu, Garuda Muda Mati-Matian Demi Kehormatan Negara

Minggu, 27 Agustus 2023 04:56 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi perjuangan Garuda Muda, yang mampu menjadi runner up Piala AFF U-23 Thailand. (Foto: tangkapan layar video)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi perjuangan Garuda Muda, yang mampu menjadi runner up Piala AFF U-23 Thailand. (Foto: tangkapan layar video)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang datang langsung menyaksikan perjuangan Garuda Muda, menyatakan rasa bangganya, karena Indonesia berhasil menjadi runner up Piala AFF U-23, setelah kalah adu penalti 6-5 (0-0) dari Vietnam di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023).

Dengan segala keterbatasan, timnas Indonesia mampu menembus final.

"Pertama-tama, saya ucapkan terima kasih atas perjuangan seluruh pemain dan staf pelatih. Dengan materi pemain terbatas, kita masih bisa berbicara di level teratas Asia Tenggara," ujar Erick lewat keterangan resminya, Sabtu (26/8/2023).

Erick pun terharu dengan semangat dan pengorbanan besar para pemain, yang rela memenuhi panggilan negara.

Baca juga : Eduardo Gemilang, Indonesia Vs Vietnam Masih 0-0 Di Babak Pertama

Meski banyak pemain utama yang tak bisa tampil akibat tak diizinkan klub, pemain yang tersisa mampu tampil mati-matian demi kehormatan negara.

"Saya terharu karena pemain yang hanya tersisa 16 orang, ditambah kiper cadangan. Tapi, kita mampu berjuang hingga keringat dan menit terakhir," tutur Erick.

"Hasil memang belum berpihak pada kita. Tapi, saya optimistis, kejuaraan ini akan menjadi bekal motivasi dan mental bagi pemain, untuk tampil lebih baik lagi," imbuh mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Erick menuturkan, skuad yang tampil di Piala AFF U-23 atau SEA Games 2023, merupakan pondasi awal timnas untuk tampil di pentas Piala Asia U-23.

Baca juga : Erick: Saya Tahu, Garuda Muda Akan Berikan Yang Terbaik

Prestasi, menurutnya, bukanlah hal yang instan. Prestasi adalah hasil yang dicapai melalui proses persiapan, yang penuh pengorbanan.

Piala AFF U-23 Thailand merupakan bagian dari persiapan panjang timnas, untuk meraih prestasi. Baik di Piala AFC U-23 atau kualifikasi Olimpiade 2024.

"Piala AFF U-23 ini adalah bagian dari proses. Karena tak ada tim di sepak bola yang bisa sukses, tanpa memiliki sistem, roadmap, dan agenda yang jelas. Dengan segala risiko, PSSI berusaha keras disiplin pada sistem, roadmap, dan agenda yang sudah disepakati. Termasuk, keikutsertaan pada AFF U-23 ini," jelas Erick.

Dia pun mengajak masyarakat untuk mendukung penuh perjuangan timnas U-23 ini. Apalagi, timnas punya potensi untuk tampil semakin baik lagi.

Baca juga : Babak Pertama, Garuda Muda Sikat Thailand 3-1

Untuk para pemain, Erick berpesan untuk tetap membumi, tapi selalu lapar juara di segala kompetisi.

Dia bilang, mental tidak mudah puas dan selalu meningkatkan level kompetitif, adalah kunci bagi timnas untuk bersaing di level yang lebih tinggi lagi.

"Jika di Asia Tenggara kita berhasil mencapai level atas, mengapa Asia bahkan dunia tidak bisa kita taklukkan," ucap Erick memompa semangat pemain.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.