Dark/Light Mode

Dua Laga Lagi, Khabib Pensiun

Senin, 23 September 2019 12:23 WIB
Khabib Nurmagomedov. (Foto : istimewa)
Khabib Nurmagomedov. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Khabib Nurmagomedov menyandang status petarung terpopuler di UFC saat ini. Di tengah popularitas tersebut, Khabib justru bersiap meninggalkan dunia Mixed Martial Arts.

Khabib baru saja mempertajam rekornya menjadi 28-0 di dunia MMA setelah menaklukkan Dustin Poirier. Setelah menang lawan Poirier, ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov menyatakan usia karier Khabib tidak akan lama lagi.

Baca juga : De La Hoya Jagokan Ruiz Menang

Khabib bakal coba menggenapi rekornya menjadi 30-0 sebelum akhirnya pensiun. Pilihan Khabib untuk cepat pensiun ini bukan keputusan yang mendadak. Satu tahun lalu, setelah Khabib mengalahkan Conor McGregor, tim Khabib sudah menyatakan bahwa perjalanan karier Khabib sudah mendekati pengujung karier.

Saat itu komentar Khabib dan timnya dianggap sebagai bentuk kekecewaan terhadap UFC yang memberinya sanksi sembilan bulan akibat kerusuhan usai laga lawan Conor McGregor. Namun dengan pernyataan terbaru dari Abdulmanap, maka rencana pensiun Khabib segera terwujud.

Baca juga : Jaga Lingkungan, KCN Bersih-bersih Pantai

Bila melihat rencana dua pertarungan, maka Khabib bisa pensiun di akhir 2020 atau awal 2021. Dengan dua pertarungan tersisa, Khabib sepertinya ingin pensiun di puncak karier dengan status tak terkalahkan.

Tetapi Khabib juga tak mau main aman agar menjaga rekor tersebut benar-benar sempurna hingga akhir karier. Setelah laga lawan Poirier, Khabib mengaku ingin menantang Georges St-Pierre (GSP). GSP adalah legenda hidup UFC yang sudah menyatakan pensiun pada awal tahun ini.

Baca juga : Selamat Jalan, Habibie

Bila Khabib benar-benar berserdia, lalu UFC memberi restu, maka GSP juga diyakini bakal tergerak untuk kembali ke oktagon. Satu lawan lain yang mungkin dihadapi oleh Khabib sebelum pensiun adalah Tony Ferguson.

Bila melihat daftar peringkat UFC, maka Ferguson adalah lawan yang wajib dihadapi Khabib. Ferguson adalah petarung peringkat kedua sehingga ia layak mendapat giliran berikutnya menjajal kemampuan Khabib. Khabib sempat mengatakan laga berikutnya usai lawan Poirier adalah duel lawan Khabib namun setelah pertarungan usai, Khabib justru malah lebih membahas GSP. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.