Dark/Light Mode

Jaga Lingkungan, KCN Bersih-bersih Pantai

Senin, 16 September 2019 21:48 WIB
Pegawai KCN dan stakeholder melakukan bersih-bersih pantai, Minggu (15/9). (Foto: Ist)
Pegawai KCN dan stakeholder melakukan bersih-bersih pantai, Minggu (15/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Karya Citra Nusantara (KCN) menunjukkan komitmennya terhadap lingkungan dan masyarakat. Ini bisa dilihat dari Pelabuhan Marunda menjadi salah satu lokasi kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional pada Minggu (16/9) lalu.

Peserta kegiatan bersih-bersih itu  berasal dari unsur KSOP Marunda, karyawan pelabuhan, Polri, TNI, nelayan, dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP).

Baca juga : KNPI Dukung KPK yang Bersih dan Kuat

Direktur Utama KCN, Widodo Setiadi mengatakan, bahwa manajeman KCN sangat senang dapat mendukung program menjaga lingkungan milik pemerintah yang berjudul Gerakan Bersih Laut dan Pantai. Program pemerintah itu sejalan dengan semangat perseroan dalam mengelola pelabuhan. 

“Kami sangat serius dalam menciptakan pelabuhan yang bersih dan nyaman serta jauh dari kesan kumuh. Komitmen ini sudah tercantum dalam konsep Green Portyang telah kami canangkan semenjak awal,” kata Widodo di Jakarta, Senin (16/9).

Baca juga : Kursi Zizou Digoyang

Tidak hanya itu, secara rutin, KCN melakukan penyemprotan dan pembersihan dermaga setiap dua minggu sekali agar debu yang dapat mengganggu lingkungan hilang. Tak hanya itu, kebersihan parit pembuangan juga terus diperhatikan sehingga tidak akan terjadi penyumbatan yang dapat mengakibatkan banjir.

KCN, kata dia, saat ini juga sedang menjajaki kerja sama dengan salah satu perguruan tinggi yang kredibel di bidang lingkungan untuk membangun pelabuhan dengan konsep green port. Bahkan menurut Widodo, KCN telah membentuk tim khusus untuk mempercepat pembangunan mini forest di wilayah pelabuhan dalam rangka menciptakan pelabuhan yang ramah lingkungan.

Baca juga : Bareng Pelanggan, Pertamina Lepas 100 Tukik Di Pantai Kuta

“Tim khusus lingkungan sudah mulai bekerja dan sudah memiliki rencana aksi untuk mewujudkan komitmen kami terhadap lingkungan. Kami juga akan mengajak seluruh pemangku kepentingan terutama yang berada di wilayah Marunda untuk bekerja sama dalam membuat pelabuhan Marunda menjadi pelabuhan yang ramah lingkungan,“ tutup Widodo. [DIT]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.