Dark/Light Mode

Gagal Remajakan Tim

Jangan Remehkan Juve!

Sabtu, 2 September 2023 07:00 WIB
Massimiliano Allegri. (AP Photo)
Massimiliano Allegri. (AP Photo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kekuatan Juventus musim 2023/2024 tidak boleh diremehkan. Meski dihuni pemain-pemain muda, klub berjuluk Si Nyonya Tua itu diprediksi bakal bangkit dan meraih banyak gelar, setelah melakukan peremajaan skuad besar-besaran pada bursa transfer musim panas ini.

Diketahui, Juventus gagal total pada perhelatan musim kompetisi 2022/2023 lalu. Mereka hanya finis di posisi ke-7 klasemen akhir Serie A Italia. Ini sekaligus memastikan mereka gagal lolos ke Liga Champions.

Permasalahan itu semakin pe­lik karena klub asal Kota Turin itu mengalami krisis finansial dan mendapat sanksi dari UEFA untuk bermain pada level Eropa usai didakwa melanggar aturan FFP.

Baca juga : Sah, Naga Api Tangani Rehan/Lisa Cs

Tapi, Juve tak menyerah. Mereka tetap berupaya nbangkit dengan bermanuver melepas hampir semua pemain tua dalam upaya peremajaan skuad. Mulai dari melepas Giorgio Chiellini, Cristiano Ronaldo, Gianluigi Buffon, Douglas Costa, Juan Cuadrado dan Angel Di Maria.

Mereka semua dilepas dengan status 𝘧𝘳𝘦𝘦 𝘵𝘳𝘢𝘯𝘴𝘧𝘦𝘳. Termasuk Leonardo Bonucci yang musim ini tidak masuk dalam proyek pelatih Massimiliano Allegri.

Sadar tidak sadar, program peremajaan skuad ini sudah dilakukan Juve ketika mereka menggaet Federico Chiesa. Tapi, belum maksimal karena masih ada beberapa pemain incaran gagal mereka dapatkan pada bursa transfer

Baca juga : Jaga Inflasi, Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Cadangan Pangan

Dikutip dari 𝘍𝘰𝘰𝘵𝘣𝘢𝘭𝘭 𝘐𝘵𝘢𝘭𝘪𝘢, kemarin, saat ini baru ada lima pemain baru berhasil mereka rekrut. Yaitu Facundo Gonzalez, Livano Comenencia dan Timothy Weah dari Lille, Manuel Locatelli dari Sassuolo, dan Moise Kean yang diboyong dari Everton.

Untuk menutup kekurangan, Juve lantas mencoba mengor­bitkan pemain muda seperti Samuel Iling-Junior (19), Kenan Yildiz (18), dan Fabio Miretti (20), untuk dimasukkan ke dalam skuad utama. Laporan itu juga mengabarkan, proses peremajaan itu membuat skuad Juve terlihat jelas dari rata-rata usia pemain muda. Yaitu kisaran usia 24 tahun.

Musim lalu, rata-rata usia pemain Juventus adalah 27,1 tahun. Di tengah banyaknya gempuran pemain muda, Juve tetap punya ‘abang-abangan’ dalam skuad musim 2023/2024. Paul Pogba diharapkan pulih dan tersedia sepanjang musim. Pogba punya pengalaman dan level berbeda dibanding pemain Juve lain.

Baca juga : Banteng Sekarang Nanduk Ke Budiman

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 2/9/2023 dengan judul Gagal Remajakan Tim, Jangan Remehkan Juve!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.