Dark/Light Mode

Indonesia Vs Turkmenistan, Ini 4 Pemain Veteran Yang Masih Jadi Andalan

Minggu, 3 September 2023 07:04 WIB
Pemain timnas Marc Klok. (Foto : Ist)
Pemain timnas Marc Klok. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih mengandalkan pemain veteran saat menghadapi Turkmenistan dalam agenda FIFA Matchday.

Laga itu rencananya akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur pada 8 September 2023. Terkait pemain veteran yang akan dipanggil, nantinya akan berdasarkan pada dua ukuran, yakni , usia dan jumlah penampilannya di level internasional.

Menurut kabar beredar, akan ada empat pemain senior dimasukkan ke skuad Garuda. Salah satunya Marc Klok. Dia dinilai layak tampil di FIFA Matchday karena konsistensinya bersama Persib Bandung di BRI Liga 1.

Dari segi jam terbang, Klok memang baru mengumpulkan 15 penampilan bersama skuad Garuda Muda. Jumlah ini memang tak begitu banyak. Sebab, dia baru mengukir debutnya pada medio Juni 2022.

Baca juga : Polusi Udara Di Jakarta Petang Ini Juara 2 Dunia, Karawang Lebih Mengerikan

Selama setahun terakhir, Klok jadi andalan utama Shin Tae yong di lini tengah. Pemain berusia 30 tahun ini juga mampu menyumbangkan empat gol untuk Timnas Indonesia.

Bek keturunan IndonesiaSpanyol, Jordi Amat, juga layak menyandang gelar sebagai pemain veteran di Timnas Indonesia. Sebab, pemain yang kini merumput bersama Johor Darul Takzim (JDT) itu sudah berusia 31 tahun.

Jordi Amat memang belum begitu lama memperkuat skuad Garuda. Sebab, penampilan pertamanya bersama tim Merah Putih baru tercipta pada 23 Desember 2022, tepatnya pada Piala AFF 2022.

Sejauh ini, bekas pemain Rayo Vallecano itu sudah mencatatkan tujuh penampilan bersama Timnas Indonesia. Dari semua aksinya itu, Jordi Amat telah menyumbangkan satu gol, tepatnya pada laga FIFA Match day kontra Burundi.

Baca juga : Jokowi Senang Inflasi Terkendali Di 3,08 Persen, Ini Daerah Yang Dapat Award

Pemain keturunan Belanda Indonesia, Stefano Lilipaly, juga merupakan pemain veteran di Timnas Indonesia. Secara usia, pemain asal Borneo FC ini menjadi pemain paling senior kedua di skuad Garuda.

Sebagai informasi, umurnya sudah menginjak 33 tahun. Namun, dia masih mampu bermain konsisten bersama klubnya di BRI Liga 1. Itulah sebabnya, pengalamannya masih sangat dibutuhkan Timnas Indonesia.

Bersama skuad Garuda, dia sudah mencatatkan debut sejak 14 Agustus 2013. Setelah sempat bolak-balik dipanggil Timnas, pemain kelahiran 10 Januari 1990 itu sudah mengepak tiga gol dari 29 penampilannya di semua ajang internasional.

Jika dibandingkan seluruh pemain yang dipanggil Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto jelas menjadi pemain paling senior. Bek tengah berusia 34 tahun ini juga paling pas untuk menyandang status pemain veteran di skuad Merah Putih.

Baca juga : Ulama Indonesia Asal Tidore Berperan Penting Sebarkan Islam Di Cape Town

Pasalnya, Fachruddin menjadi pemain paling tua di Timnas Indonesia. Tak hanya itu, pemain asal Klaten, Jawa Tengah, ini juga tercatat sebagai penggawa paling lama yang bermain untuk skuad Garuda.

Fachruddin telah membukukan debut bersama Timnas Indonesia sejak 5 Juni 2012. Jumlah caps yang dibukukan pemain Madura United itu juga menjadi yang tertinggi. Sampai saat ini, dia sudah mengukir 53 pertandingan internasional. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.