Dark/Light Mode

Polusi Udara Di Jakarta Petang Ini Juara 2 Dunia, Karawang Lebih Mengerikan

Jumat, 1 September 2023 19:35 WIB
Ilustrasi polusi udara di Jakarta. (Foto: Deri/MPR)
Ilustrasi polusi udara di Jakarta. (Foto: Deri/MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Situs pemantau kualitas udara IQAir.com kembali menempatkan Jakarta sebagai kota dengan polusi udara tertinggi kedua di dunia, petang ini, Jumat (1/9). 

Dari data yang diperbaharui pukul 7 malam WIB, Indeks kualitas udara (US AQI) di Jakarta mencapai 162. Skor kualitas udara setinggi itu masih di zona merah atau tidak sehat.

Konsentrasi polutan PM2,5 mencapai 76 µg/m3 atau 15,2 kali lipat dari pedoman kualitas udara tahunan yang dirilis Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga : Para Pejabat Rame-rame Batuk

Bukan cuma Jakarta, kualitas udara di wilayah Karawang, Jawa Barat jauh lebih buruk. 

Skor indeks kualitas udaranya mencapai 178. Di bawahnya Tangerang Selatan, Banten (171), Depok, Jawa Barat (169), Serang, Banten (167) dan Serpong, Jawa Barat (164).

Kian parahnya polusi udara di Jakarta, tak cuma terlihat di atas kertas. Di lapangan, presiden Jokowi hari ini (1/9) terlihat kembali mengenakan masker saat mengecek persiapan KTT ASEAN di Jakarta.

Baca juga : Polusi Udara Di Jakarta Petang Ini Masuk 5 Besar Dunia, Tangsel Lebih Gawat Lagi

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa presiden sempat mengalami batuk hingga 4 minggu akibat kualitas udara yang buruk.

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk menurunkan polusi udara. Diantaranya dengan uji emisi kendaraan.

Di Tangerang, Pemkot melalui Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Polres Metro Tangerang Kota menggelar uji emisi bagi kendaraan mobil dan motor secara gratis di Stadion Benteng Reborn, hari ini (1/9).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.