Dark/Light Mode

Tampil Apik, Rafael Makin Nyohor

Senin, 4 September 2023 05:37 WIB
Pemain naturalisasi Indonesia, Rafael Struick. (Foto : Ist)
Pemain naturalisasi Indonesia, Rafael Struick. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penampilan cemerlang pemain naturalisasi Indonesia, Rafael Struick saat membela tim Indonesia U-23 tidak diragukan lagi.

Tidak heran, pelatih Shin Tae-yong kembali memanggilnya untuk membela Garuda Muda di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Sejak bergabung bersama Timnas Indonesia, Rafael Struick mengaku dirinya jadi dikenal di Tanah Air. Bahkan, popularitasnya membuatnya ia menghadapi kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk hal sepele seperti makan di mall.

Baca juga : Hamilton-Mercedes Makin Nyetel

“Saya dan ayah ingin makan di mall, tetapi saya tidak bisa pergi ke sana. Setelah saya bermain melawan Argentina, para penggemar sepak bola menjadi sangat antusias,” ungkap Rafael Struick.

Rafael Struick adalah salah satu pemain keturunan yang pernah diproyeksikan untuk tampil dalam Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya diselenggarakan di Indonesia.

Namun, sayangnya, turnamen tersebut batal dilaksanakan di Tanah Air setelah status tuan rumah dicabut, sehingga Timnas Indonesia U-20 tidak dapat mengikuti turnamen tersebut.

Baca juga : TC Berakhir, Timnas U-23 Bakal Makin Gacor

 Meski demikian, Rafael Struick tetap memilih untuk dinaturalisasi sebagai pemain Indonesia. Pada bulan Mei tahun lalu, ia mengambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Tak lama setelahnya, Struick mendapatkan kesempatan debut bersama Timnas Indonesia senior dalam laga uji coba FIFA Matchday Juni melawan Palestina.

Pada pertandingan tersebut, yang berlangsung awal Juni, Rafael Struick dimasukkan sebagai pemain utama oleh pelatih Shin Tae-yong. Penampilannya sebagai winger mendapatkan banyak pujian dari penggemar sepak bola di Indonesia.

Baca juga : NasDem Tahu Diri

Performa cemerlang Rafael Struick dalam laga uji coba Timnas Indonesia melawan Palestina dan Argentina menjadikannya terkenal di Indonesia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.