Dark/Light Mode

Armenia Vs Kroasia

Vatreni Incar Kursi Puncak

Senin, 11 September 2023 07:00 WIB
Bruno Petkovic. (Foto: Net)
Bruno Petkovic. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Armenia akan menghadapi Kroasia pada laga lanjutan babak Kualifikasi Euro 2024 Grup D di Stadion Republik Vazgen Sargsyan, malam nanti WIB. Kemenangan Vatreni - julukan Kroasia akan membawa mereka naik ke puncak klasemen.

Sejauh ini, tuan rumah Arme­nia yang menduduki peringkat ke­tiga memiliki koleksi angka sama dengan tamunya Kroasia yaitu tu­juh poin. Bedanya, Kroasia yang menempati posisi runner up baru memainkan tiga laga, sedangkan Armenia sudah empat laga. Posisi puncak dipegang Turki dengan sepuluh poin.

Armenia kemungkinan puas dengan hasil yang mereka raih di babak kualifikasi ini. Hal itu lan­taran mereka masih berpeluang mencapai babak grup Euro untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Hasil ini diraih pasukan Olek­sandr Petrakov setelah menga­lahkan Latvia, dan menang secara mengejutkan dengan skor 4-2 dari Wales di Cardiff City Stadium bulan Juni lalu.

Baca juga : 24 Penulis Buku Terbaik Raih Penghargaan dari Perpusnas

Kesalahan mereka di pentas ini adalah kalah 2-1 saat mela­wan Turki di laga pertama. Oleh karena itu, kemenangan laga nanti menjadi harga mati jika mereka ingin lolos ke putaran final.

Tapi langkah mereka tidak akan mudah. Sebab, tim Kroasia sejauh ini tercatat salah satu tim kuat karena belum pernah kalah dalam pertandingan kualifikasi Euro 2024.

Menurut catatan Livescore, Kedua tim sejauh ini baru ber­temu satu kali, dengan laga persahabatan tahun 2021 dengan hasil imbang 1-1.

Menariknya, kedua tim telah mencetak delapan gol di kualifi­kasi sejauh ini, sama dengan pe­ringkat pertama Turki, meskipun tim tamu hanya kebobolan satu gol dalam tiga pertandingan. Sementara tuan rumah kebobolan enam gol dalam empat pertandingan.

Baca juga : Februari 2024 Jadi Puncak Hoaks Pemilu

Armenia hanya meraih satu kemenangan dalam lima laga kandang terakhirnya di semua kompetisi, dan menderita tiga kekalahan dalam periode tersebut.

Mereka menderita enam kekalahan dalam 10 laga kandang terakhirnya di kualifikasi Eropa, hanya mencatatkan tiga kemenangan dalam periode tersebut.

Tim tamu tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan terakhir mereka di kualifikasi Eropa. Menariknya, kesembilan kekalahan mereka di kualifikasi terjadi di laga tandang.

“Kami ingin memberikan yang terbaik buat negara. Men­jadi juara grup bukan mustahil, sehingga bisa kami raih,” ujar Bruno Petkovic.

Baca juga : Ganjar Milenial Kerja Bakti Bareng Warga Desa Monggol Yogyakarta

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 11/9/2023 dengan judul Armenia Vs Kroasia, Vatreni Incar Kursi Puncak

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.