Dark/Light Mode

Road to 3XL: Embrio Menuju Profesionalitas Basket Indonesia

Minggu, 8 Oktober 2023 18:54 WIB
Pelaksanaan Road to 3XL, di Green Sedayu Mall. (Foto: Basket.ID)
Pelaksanaan Road to 3XL, di Green Sedayu Mall. (Foto: Basket.ID)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rencana besar tengah dirancang Basket.ID. Sebuah liga 3x3 profesional pertama di Indonesia akan hadir dalam waktu dekat.

Untuk menyambut ajang tersebut, Basket.ID terlebih dahulu menggelar Road to 3XL yang berlangsung di Green Sedayu Mall mulai Sabtu (7/10). Event ini menjadi embrio bagi liga 3x3 profesional pertama di Indonesia karena sudah diikuti tim dengan kategori elite.

Baca juga : Menkumham Sebut Mentan SYL Belum Terdeteksi Masuk Ke Indonesia

Tahap pertama Road to 3X3 Indonesia League ini berlangsung sampai 18 Oktober 2023. Tahap kedua pada Juli-Agustus 2024 yang rencana dilangsungkan di luar Jakarta.

Event ini diharapkan menjadi salah satu bentuk nyata konsistensi Indonesia dalam mendulang poin, baik poin federasi ataupun poin pemain di International Basketball Federation (FIBA). Poin tersebut nantinya akan berhubungan erat dengan kehadiran Indonesia di event-event resmi milik FIBA.

Baca juga : AP 1 Borong Empat Penghargaan Di Ajang The Best Contact Center Indonesia 2023

Dengan kategori yang mencakup Under-16, Under-20, Corporate, dan Elite, Road to 3XL menawarkan panggung yang unik bagi pemain di semua tingkatan usia dan tingkat keahlian. "Rencana besar kami ada di 2024. Tahun depan kami akan menghadirkan liga 3x3 dengan para tim profesional," ujar Direktur Basket.ID Julian Rizky, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (8/10).

Pada awal kemunculan olahraga 3X3, Indonesia pernah menjadi salah satu kekuatan yang diperhitungkan di kancah internasional. “Rangkaian acara Road to 3XL merupakan upaya pertama Basket.ID untuk kembali menggairahkan 3X3 di Indonesia," imbuhnya.

Baca juga : Daewoong Pharmaceutical Komit Rekrut Lebih Banyak Talenta Indonesia

Road to 3XL juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dengan hadirnya liga profesional 3x3, prestasi Indonesia di kancah internasional akan semakin menajam.

"Tentunya masyarakat Indonesia menantikan Timnas 3x3 bisa berprestasi di panggung dunia dan tampil di Olimpiade nantinya," ujar Asisten Deputi IV Kemenpora Bayu Rahardian.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.