Dark/Light Mode

Kualifikasi Euro 2024

Spanyol Vs Skotlandia, Duel Panas La Furia Roja

Rabu, 11 Oktober 2023 11:43 WIB
Timnas Spanyol di ajang kualifikasi Euro 2024. (Foto : ist)
Timnas Spanyol di ajang kualifikasi Euro 2024. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lanjutan kualifikasi Euro 2023/2024 kembali bergulir. Laga Big match Spanyol vs Skotlandia akan tersaji pada Jumat (13/10/2023) dini hari pukul 01.45 WIB

La Furia Roja kini duduk di posisi 2 klasemen grup dengan 9 poin  berkat menang 2 pertandingan pada September lalu.

Timnas Spanyol hanya terpaut 6 angka dari tim pemuncak tabel, Skotlandia. Peluang La Furia Roja untuk memangkas jarak kembali terbuka, saat mereka menghadapi Skotlandia

Pada putaran sebelumnya, tepatnya pada Maret 2023 lalu, Spanyol kalah 2 gol tanpa balas di markas Skotlandia.

“Kami telah banyak menganalisis kekalahan melawan Skotlandia. Kami tidak berada pada level seperti sekarang,” tutur Pelatih Timnas Spanyol, Luis de la Fuente.

Pada pertandingan sebelumnya, Spanyol berhasil meraih kemenangan besar atas Siprus dengan skor 6-0. 

Dalam laga tersebut, Spanyol mampu unggul dua gol terlebih dahulu ditorehkan Gavi pada menit ke-18, dan Mikel Merino pada menit ke-33.

Baca juga : Kualifikasi Pildun 2026, STY Panggil 3 Pemain Anyar

Sementara di pertandingan sebelumnya, Skotlandia harus menelan kekalahan atas Inggris dengan skor 1-3. 

Duel Spanyol vs Skotlandia diprediksi akan berjalan alot. Kedua tim sama-sama memiliki kualitas pemain ungguan. Namun Gavi dan kawan-kawan sedikit diunggulkan karena bertindak sebagai tuan rumah.

Sosok Scott McTominay menjadi mimpi buruk bagi Tim Matador. Pasalnya, gelandang tim Manchester United itu sukses mencetak dua gol sekaligus mengantarkan Skotlandia meraih kemenangan.

Scott McTominay dianggap sebagai biang kerok kekalahan Timnas Spanyol pada pertemuan pertama.

Scott McTominay juga dalam performa terbaiknya. Teranyar, pemain 26 tahun itu berhasil menyelamatkan wajah Manchester United dari kekalahan atas Brentford.

Sementara itu jika melihat catatan performa dalam kualifikasi Euro 2024, Skotlandia mampu tampil impresif.

Dalam lima laga terakhir dalam fase Grup A, Skotlandia menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan. Skotlandia berhasil menyapu bersih kemenangan pada lima laga terakhir di fase grup A.

Baca juga : Kualitas Merata, Duel Piala Dunia U-17 Bakal Ketat

Sedangkan Timnas Spanyol yang baru memainkan empat laga baru meraih tiga kemenangan dan satu kekalahan.

Catatan tersebut tentu bukan patokan baik bagi Tim Matador maupun Pasukan Tartan Skotlandia bisa meraih kemenangan. Namun akan menjadi peringatan bagi Timnas Spanyol yang akan kembali melawan Skotlandia.

La Roja secara mengejutkan dikalahkan 2-0 Skotlandia di Hampden Park pada matchday kedua awal tahun ini berkat dua gol Scott McTominay.

Sejak Spanyol dikalahkan oleh Skotlandia di Glasgow, itu merupakan kekalahan pertama di bawah pelatih kepala baru Luis de la Fuente di pertandingan keduanya sebagai pelatih.

Tapi Spanyol merespons dengan baik dengan mencatatkan empat kemenangan beruntun di dua kompetisi berbeda. mengangkat trofi UEFA Nations League pertama dalam prosesnya.

Pemain ajaib Spanyol dan Barcelona Lamine Yamal, yang pada usia 16 tahun menjadi pemain dan pencetak gol termuda La Roja dalam kemenangan bulan lalu atas Georgia, telah mengundurkan diri dari skuad tim nasional karena cedera pinggul.

Pemain sayap Villarreal Yeremy Pino juga terpaksa ditarik keluar karena masalah hamstring, sementara Dani Olmo (lutut), Pedri (hamstring), Marco Asensio (kaki) dan Jose Gaya (paha) adalah pemain absen penting lainnya yang terus menjalani pemulihan dari cedera.

Baca juga : Tak Lolos Euro 2024, Polandia Pecat Pelatih

Bryan Zaragoza dari Granada telah menerima panggilan senior pertamanya setelah penarikan Pino, sementara pemain pinjaman dari Brighton & Hove Albion Ansu Fati telah kembali ke tim senior setelah melewatkan panggilan bulan lalu.

Absennya Yamal bisa membuat rekan setimnya di Barca, Ferran Torres, yang mencetak dua gol melawan Siprus terakhir kali, menjadi starter di lini serang bersama Alvaro Morata dan Nico Williams, sementara Alejandro Balde akan menjadi starter sebagai bek kiri jika Gaya absen.

Sedangkan untuk Skotlandia, Ryan Jack dari Rangers (tidak ditentukan) dan Kevin Nisbet dari Millwall (hamstring) keduanya absen karena cedera. 
Absennya Tierney bisa membuat Andrew Robertson atau Liam Cooper yang kembali menggantikan posisi tiga bek kiri di samping Jack Hendry dan Ryan Porteous, jika Robertson mulai sebagai bek tengah kiri, Greg Taylor bisa menjadi bek sayap kiri.

Penyerang Jacob Brown dan Lawrence Shankland keduanya telah kembali ke skuad senior bulan ini, tetapi pelatih Steve Clarke diperkirakan akan memberikan Lyndon Dykes atau Che Adams sebagai starter, dengan John McGinn dan McTominay, yang telah mencetak enam gol hanya dalam lima kualifikasi Euro 2024.
Prediksi Susunan Pemain Timnas Spanyol vs Timnas Skotlandia
Timnas Spanyol (4-3-3) : Unai Simon, Dani Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Jose Gaya, Gavi, Rodri, Mikel Merino, Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams.
Pelatih: Luis de la Fuente.
Timnas Skotlandia: (3-4-3) : Angus Gunn, Kieran Tierney, Jack Hendry, Ryan Porteous; Aaron Hickey, John McGinn, Scott McTominay, Andy Robertson, Callum McGregor, Billy Gilmour, Che Adams.
Pelatih: Steve Clarke.


Head to Head Timnas Spanyol vs Timnas Skotlandia
13-10-10 Skotlandia vs Spanyol 2-3
12-10-11 Spanyol vs Skotlandia 3-1
29-03-23 Skotlandia vs Spanyol 2-0


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.