Dark/Light Mode

Kualifikasi Euro 2024

Belanda Vs Prancis, Menanti Aksi Messi Negeri Kincir Angin

Rabu, 11 Oktober 2023 15:41 WIB
Denzel Dumfries. (Foto : ist)
Denzel Dumfries. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Belanda akan menjamu Timnas Prancis, pada laga lanjutan Kualifikasi Euro 2024 Grup B matchday ketujuh di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, pada Sabtu (14/10), kick off pukul 01.45 WIB, dan Live di Soccer Channel.

De Oranje sebagai tuan rumah, akan bertarung habis-habisan menghadapi Les Bleus. Di laga terakhir, pasukan Negeri Kincir Angin dibabat habis oleh Kylian Mbappe Cs dengan skor 4-0.

Di Grup B, persaingan masih didominasi Timnas Prancis. Les Bleus kokoh di puncak klasemen Grup B Kualifikasi Euro 2023/2024, dengan raihan 15 poin. 

Tambahan poin dibutuhkan Belanda guna mempertahankan posisi runner-up Grup B. Saat ini De Oranje punya 9 poin, mereka bersaing ketat dengan Yunani yang juga mengantongi jumlah poin sama.

Jika mampu menang atas Prancis, maka Timnas Belanda punya kans menjauh dari kejaran Yunani sekaligus mendekati Les Bleus. Terlebih saat ini Belanda baru melakoni 4 pertandingan, atau paling sedikit dari tim lain di Grup B.

Sementara, timnas Belanda mengalahkan tuan rumah Republik Irlandia dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2024 Grup B, pada Senin (11/9/2023). Belanda menang dengan skor 2-1.

Dalam tiga laga yang mereka menangi itu, Belanda mencetak total delapan gol dan hanya kebobolan satu gol.

Peran vital Denzel Dumfries di Timnas Belanda diakui oleh mantan pemain Timnas Belanda, Rafael van der Vaart setara seperti peran strategis Lionel Messi bersama Timnas Argentina.

Baca juga : Kualifikasi Pildun 2026, STY Panggil 3 Pemain Anyar

Pujian itu muncul seiring penampilan impresif Dumfries pada laga keempat Grup B, ketika mengalahkan Republik Irlandia.
Dumfries kini telah berkontribusi pada 12 gol yang dicetak Belanda: tiga gol dan sembilan assist.

Jumlah tersebut membuat pemain berusia 27 tahun ini jadi pemain dengan gol dan assist terbanyak di skuad Belanda sejak awal tahun 2022. Ia unggul empat angka dari pemain lainnya.

“Dumfries adalah keajaiban bagi kami. Sungguh tidak bisa dipercaya. Saya berpendapat, ini sebuah mukjizat,” kata van der Vaart dikutip dari Voetbal International.

Kontribusi Dumfries yang begitu tinggi tidak segan membuat van der Vaart berpendapat bahwa pemain berposisi bek kanan itu setara dengan Messi di Timnas Argentina.

“Coba kalian perhatikan Argentina. Semua orang pasti membicarakan Messi dan perannya di dalam tim. Di sini (Belanda), kita semua membicarakan Dumfries,” katanya.

“Dia berada di jalur yang tepat. Dia bisa saja menciptakan assist yang lebih banyak dari sekarang,” imbuhnya.

Khusus di awal musim 2023/2024, Dumfries telah mencatatkan satu gol dan empat assist dari lima laga. Catatan itu diperoleh dari tiga laga bersama Inter Milan dan Timnas Belanda.

Tidak hanya vital saat menyerang, Dumfries juga solid saat bertahan. Dirinya telah mencatatkan empat kali nirbobol sepanjang periode tersebut. “Dia adalah bek yang ideal,” kata van der Vaart.

Baca juga : 7 Pemain Berkiprah Di Luar Negeri Dipanggil Shin Tae Yong

Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, berharap timnya dapat meraih kemenangan atas Prancis, meskipun mereka sedang dilanda masalah cedera.

De Oranje dipastikan bakal tidak diperkuat oleh nama-nama seperti Frenkie De Jong, Matthijs de Ligt, serta penyerang Cody Gakpo, dan Memphis Depay sebelum pengumuman skuad pada hari Jumat lalu. 

Sejak saat itu, kiper Mark Flekken, Steven Berghuis dan Teun Koopmeiners juga harus menepi karena cedera.

“Saya melihat hasil-hasil (cedera) yang gila setiap minggunya. Kami berharap untuk memiliki rencana sedemikian rupa pada hari Jumat sehingga kami dapat menyulitkan Prancis dan juga mendapatkan hasil maksimal,” ungkap Ronald Koeman.

Koeman melanjutkan bahwa para penggawanya yang bertumbangan merupakan imbas terkena jadwal yang begitu padat. Ia menyadari bahwa kondisi tersebut tidak bisa dihindari oleh para pemain.

“Tentu saja, kami menyadari bahwa kami tidak memiliki tim terkuat. Tapi itu tidak berarti apa-apa dalam sepak bola, saya melihat pertandingan dan hasil setiap minggu di mana Anda berpikir: bagaimana itu bisa terjadi?” lanjutnya.

“Apa alasan dari semua pencoretan itu? Itu murni berkaitan dengan kalender. Kadang-kadang itu adalah cedera sepak bola yang sebenarnya, tetapi saya juga melihat banyak (pemain) kena cedera otot. Prancis juga tiba-tiba memiliki tiga pemain yang absen,” kata Koeman.

Namun, pelatih berusia 60 tahun itu tidak bisa berbuat banyak terhadap situasi yang dihadapi oleh para pemain. 

Baca juga : Tanpa CR7, Portugal Gunduli Singa Merah

Ia bahkan sudah seringkali mengeluhkan jadwal yang ditetapkan oleh UEFA yang menurutnya sudah dianggap tidak wajar.

“Tapi tampaknya tidak ada yang bisa dilakukan tentang jadwal, yang sangat padat. Saya mencoba mendiskusikannya setiap tahun di UEFA, tetapi tampaknya semakin gila.

“Lihat saja Piala Dunia 2030, dengan pertandingan di tiga benua,” tambahnya merujuk pada turnamen yang akan diselenggarakan di Amerika Selatan, Afrika, dan Eropa.

Sementara, dengan mundurnya Flekken, pelatih asal Belanda ini yakin Bart Verbruggen dari Brighton merupakan penjaga gawang masa depan.

“Saya sudah berbicara dengannya tentang hal itu (potensi jadi kiper terbaik). Asal, Bart tidak memainkan bola-bola dangkal di kotak penalti sendiri,” kata Koeman, bercanda tentang kesalahan yang dilakukan Verbruggen saat melawan Liverpool pada hari Minggu.

Kemudian Les Bleus akan melangsungkan laga uji coba melawan Skotlandia di Stadion Pierre Mauroy pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Prediksi Susunan Pemain 
Timnas Belanda (4-3-3) : Cillessen; Ake, Van Dijk, De Ligt, Berghuis; De Roon, Wijnaldum, Geertruida; Malen, Depay, Gakpo.
Pelatih: Ronald Koeman.
Timnas Prancis (4-2-3-1) : Maignan; Theo Hernandez, Konate, Upamecano, Kounde; Rabiot, Tchouameni; Mbappe, Griezmann, Coman; Giroud.
Pelatih: Didier Deschamps.

5 Pertemuan Terakhir Timnas Belanda vs Timnas Prancis
17-11-2018 Belanda 2-0 Prancis (UNL)
10-09-2018 Prancis 2-1 Belanda (UNL)
01-09-2017 Prancis 4-0 Belanda (Kualifikasi Piala Dunia)
11-10-2016 Belanda 0-1 Prancis (Kualifikasi Piala Dunia)
26-03-2016 Belanda 2-3 Prancis (Friendly).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.