Dark/Light Mode

Kualifikasi Euro 2024

Kroasia vs Turki, Duel Berburu Jawara Grup

Kamis, 12 Oktober 2023 08:44 WIB
Kualifikasi Euro 2024 Kroasia vs Turki, Duel Berburu Jawara Grup

RM.id  Rakyat Merdeka - Duel Kroasia vs Turki pada laga lanjutan Kualifikasi Euro 2024 Grup D bakal digelar di Opus Arena, Osijek, Jumat (12/10) dini hari nanti. Tim tuan rumah diprediksi menang bila dilihat dari kekuatan dan head to head kedua tim.

Kroasia saat ini masih memimpin klasemen Grup D dengan 10 poin dari 4 laga. Vatreni - julukan Kroasia- memiliki poin yang sama dengan Turki di posisi kedua, tetapi sudah bermain lima kali.

Di pertemuan pertama kedua tim, Kroasia sukses menang 0-2 atas Turki 0-2 di Istanbul. Itu sebabnya mereka bakal kembali berupaya meraih kemenangan saat gantian menjamu Cenk Tosun, dan kawan-kawan.

Baca juga : Belanda Vs Prancis, Menanti Aksi Messi Negeri Kincir Angin

Andai meraih kemenangan, peluang Kroasia lolos ke putaran final bakal semakin besar. Vatreni pun dapat memastikan posisi juara grup andai mampu mengalahkan Turki serta Wales pada akhir pekan nanti.

Peluang Kroasia kembali menang atas Turki juga terbilang cukup besar. Selain faktor tuan rumah, Vatreni juga punya skuad yang lebih siap bertanding dibanding tim tamu yang kehilangan sejumlah pilar utama.

Namun, striker Kroasia Peter Musa meminta timnya tetap wajib mewaspadai potensi dari kejutan Turki. Sebab, tim tamu telah banyak berubah dari pertemuan pertama, terutama pergantian pelatih dari Stefan Kuntz ke Vincenzo Montella.

Baca juga : Spanyol Vs Skotlandia, Duel Panas La Furia Roja

“Saya ingin membantu tim dan mencetak gol. Tidak akan mudah menghadapi Turki dan Wales, meski kami sempat mengalahkan Turki di Istanbul, tetapi mereka sudah lebih baik dengan pelatih baru,” kata Peter Musa seperti dikutip dari Sky Sport, Rabu (11/10).

Di sisi lain, Turki bakal berupaya menjegal langkah Kroasia lolos ke putaran final EURO 2024. Hal itu sekaligus memuluskan langkah mereka untuk melaju ke putaran final.

Laga melawan Kroasia pun bakal menjadi debut Vincenzo Montella yang ditunjuk menggantikan Stefan Kuntz setelah Turki kalah dari Jepang di laga uji coba. Kehadiran Montella diharapkan mampu memperbaiki performa Cenk Tosun dan kawankawan.

Baca juga : Perang, UEFA Tunda Laga Kualifikasi Euro 2024 Di Israel

Laporan itu juga melaporkan, Kroasia kemungkinan bakal menggunakan formasi 4-2-3-1 melawan Turki. Peter Musa diperkirakan jadi penyerang tunggal di lini depan didukung Mario Pasalic, Luka Midric, dan Josip Brekalo.

Sementara Turki, diperkirakan bermain dengan formasi 4-1-4-1. Tanpa Burak Yilmaz yang mengalami cedera, pelatih Vincenzo Montella diperkirakan mengandalkan Cenk Tosun di lini depan.

Melihat haed to head kedua tim, Kroasia sedikit lebih unggul karena mampu meraih 2 kemenangan atas Turki, dan 1 kali tumbang. Kemenangan 0-2 di pertemuan pertama pun menjadi modal yang bagus untuk Vatreni. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.