Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia

Portugal Vs Slovakia, CR7 Siap Berburu Gelar Lagi

Kamis, 12 Oktober 2023 13:22 WIB
Para pemain timnas Portugal. (Foto : ist)
Para pemain timnas Portugal. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persaingan di Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2023/2024 kembali tersaji antara timnas Portugal vs Slovakia.

Duel matchday ketujuh Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2023/2024 ini akan digelar di Stadion do Dragao, Portugal, pada pukul 01.45 dini hari WIB, dan live di Sportstars 2.

Timnas Portugal yang ditukangi Roberto Martinez ingin memastikan kemenangan demi mengamankan tempat ke Final Kejuaraan Eropa musim panas mendatang dengan tiga pertandingan tersisa.

Saat ini, Seleccao das Quinas, julukan Portugal berada di puncak Grup J dengan 18 poin. Sementara Slovakia berada di urutan kedua, mengumpulkan 13 poin dari enam pertandingan pembukaan mereka.

Kedua tim telah menunjukkan penampilan yang mengesankan sejak awal Kualifikasi Euro 2024 dimulai. 

Portugal mendominasi klasemen dengan total 18 poin, sementara Slovakia berada di posisi kedua dengan mengumpulkan 13 poin.

Pada kunjungan sebelumnya ke Stadion Tehelne, tim Navegadores berhasil mengalahkan Slovakia dengan skor 0-1. 

Tim asuhan Roberto Martinez berhasil mencetak gol di babak pertama melalui tendangan Bruno Fernandes.

Pada pekan ini, Portugal Kembali mengandalkan pemain-pemain papan atas seperti Cristiano Ronaldo, Joao Felix, dan Ruben Dias untuk mengalahkan Slovakia dan memperkuat posisinya di puncak klasemen.

Setelah mengalami kekalahan dari Portugal, Slovakia langsung meningkatkan performanya dengan mengalahkan Lieschentien dengan skor 3-0. 

Penampilan ini membuat Slovakia menjadi tim yang diperhitungkan untuk menghadapi Portugal dalam persaingan Grup J.

Namun, Slovakia belum pernah meraih kemenangan melawan Portugal dalam tiga pertandingan sebelumnya. Mereka mengalami kekalahan dengan skor 0-2, 0-1, dan juga bermain imbang 0-0.

Baca juga : Argentina Vs Paraguay, Sang Juara Tanpa Putra Mahkota

Sebagai tim tamu, Slovakia akan berusaha untuk memperbaiki catatan tersebut dengan mengandalkan pemain-pemain seperti Milan Skriniar dan Martin Dubravka.

Di pertandingan ini, Cristiano Ronaldo diprediksi akan mengukir gol ke-124 bersama Timnas Portugal. Pada jeda internasional Oktober ini,

Seleccao das Quinas berkesempatan untuk melawan dua tim di Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2024, yakni Timnas Slowakia dan Timnas Bosnia & Herzegovina.

Kemenangan atas Slovakia bakal membuat Selecao das Quinas menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final Euro 2024 di Jerman tahun depan.

Adapun laga Timnas Portugal kontra Timnas Bosnia & Herzegovina bakal berlangsung di Stadion Bilino Polje, Senin (16/10/2023) atau Selasa pukul 01.45 WIB.

Sampai saat ini, Portugal masih mencatatkan rekor 100 persen kemenangan di Kualifikasi Euro 2024 di bawah arahan Roberto Martinez.

Di Grup J, Cristiano Ronaldo Cs menjelma menjadi monster mengerikan dengan mengepak 24 gol dari 6 pertandingan tanpa satu pun kebobolan dari lawan.

Guna memastikan rekor tersebut tidak runtuh di babak kualifikasi lanjutan nanti, Martinez telah memanggil 26 nama untuk memperkuat Portugal yang diumumkan pada 6 Oktober 2023.

Dari nama-nama yang dipanggil tersebut, Cristiano Ronaldo turut dicantumkan ke dalam skuad. Pada jeda internasional bulan September lalu, pria berjuluk CR7 hanya turun satu kali saat Portugal menang 1-0 atas Slovakia.

Sementara itu, kala Portugal membantai Luksemburg 9-0, CR7 sama sekali tidak diikutsertakan baik sebagai starter maupun cadangan.

Melihat hal itu, besar kemungkinan jika Cristiano Ronaldo bakal kembali tampil memperkuat Seleccao das Quinas dalam dua laga penentuan kelolosan mereka ke Euro 2024.

Sejauh ini bintang Al Nassr tersebut telah mengemas 5 gol selama babak kualifikasi. Jumlah golnya tertinggal dari Romelu Lukaku (8 gol), Rasmus Hojlund (6), dan Scott McTominay (6).

Baca juga : Brazil Vs Venezuela, Tim Samba Mau Sapu Bersih

Jika diturunkan saat melawan Slovakia, sang kapten Timnas Portugal bakal melakoni laga ke-202 di level timnas.

Tak cuma itu, Cristiano Ronaldo uga bakal menambah pundi-pundi golnya menjadi 124 gol di sepanjang karier internasionalnya.

Pemain berusia 38 tahun tersebut tercatat sudah mengemas 123 gol untuk Portugal dan menjadi yang terbanyak di dunia sampai saat ini.

Lima Negara teratas yang menjadi lumbung gol Cristiano Ronaldo antara lain Luksemburg (11 gol), Lituania (7), Swedia (7), Andorra (6), dan Hungaria (6).

Sedangkan Slovakia berada dalam posisi baik di Grup J, menduduki posisi kedua dengan 13 poin, dengan catatan empat kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan. Mereka hanya kebobolan dua gol dalam Grup J.

Meskipun mereka bermain imbang dalam pertandingan pembukaan di kandang melawan Luxembourg, Slovakia mengalahkan Bosnia-

Herzegovina, Islandia, dan Liechtenstein dalam tiga pertandingan berikutnya sebelum kalah 1-0 di kandang saat melawan Portugal pada 8 September.

Berita persaingan sesama bintang asal Portugal muncul dari Rafael Leao. Pemain Timnas Portugal yang saat ini menjadi bintang AC Milan di Serie A Italia itu menyimpan harapan kelak bisa memimpin Portugal.

Ya, winger AC Milan Rafael Leao menyatakan, dirinya bertekad kuat kelak merebut ban kapten Cristiano Ronaldo di timnas Portugal.

Leao, seperti diketahui, telah mempertegas diri di timnas sebagai salah satu pemain inti, dan berharap bisa terus membanggakan Negaranya ini, terlebih lagi bila berstatus sebagai pemimpin di lapangan.

“Ya tentu saja, itu akan jadi momen yang sangat penting bagi saya, bagi karier saya dan keluarga saya,” ujar Rafael Leao.

“Mewakili tim nasional adalah suatu kebanggaan, terlebih lagi dengan mengenakan ban kapten. Saya tidak tahu dan siapa yang tahu...,” lanjut sayap lincah tersebut.

Baca juga : Kroasia vs Turki, Duel Berburu Jawara Grup

“Kami belum bisa memikirkan masa depan. Jika kami memenangkan laga hari Jumat nanti, maka ya, kami bisa mulai dengan tren seperti itu.

Untuk sekarang, kami fokus pada laga Jumat ini,” tegas Leao, jelang Portugal kontra Slovakia di lanjutan Kualifikasi Euro 2024.

Leao berharap, dirinya bisa turun di laga kontra Slovakia ini, untuk membuktikan dirinya adalah yang terbaik di antara deretan pemain yang tersedia.

Pelatih Timnas Portugal, Roberto Martinez, menyatakan, sejauh ini performa timnas Portugal begitu digdaya dan dari segi permainan nyaris tanpa celah.

“Saya tentu saja bangga. Ini adalah kemenangan yang sangat penting dan begitu juga dengan profesionalisme. Saya sangat menyukai sikap para pemain dan senang bahwa rekor ini tercatat dalam sejarah sepak bola Portugal,” tutur Roberto Martinez kepada Sport TV.

Pelatih berusia 50 tahun itu menilai permainan timnas Portugal telah meningkat jika dibandingkan pertandingan terakhirnya melawan Slovakia. Ia pun juga tak lupa ingin segera memastikan lolos ke babak utama pada pertandingan selanjutnya.

“Kami memiliki momen-momen yang bagus saat melawan Slovakia, tapi juga terdapat kekurangan. Kami harus bisa mengendalikan permainan untuk waktu yang lebih lama,” tuturnya.

Prediksi Susunan Pemain 

Timnas Portugal (4-3-3) : Diogo Costa; Diogo Dalot, Ruben Dias, Antonio Silva, Joao Cancelo; Bernardo Silva, Joao Palhinha, Bruno Fernandes; Vitinha, Cristiano Ronaldo, Rafael Leao.
Pelatih: Roberto Martinez.

Timnas Slovakia (4-3-3) : Martin Dubravka; Peter Pekarik, Denis Vavro, Milan Skriniar, David Hancko; Juraj Kucka, Stanislav Lobotka, Ondrej Duda; Ivan Schranz, Robert Polievka, Lukas Haraslin.
Pelatih: Francesco Calzona.


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.