Dark/Light Mode

Pesan Erick Untuk Pemain Timnas U-17: Perbaiki Disiplin, Komunikasi, Cetak Gol

Kamis, 26 Oktober 2023 13:32 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah, kanan) dan Menpora Dito Ariotedjo (tengah, kiri) terus memotivasi pemain timnas U-17 agar mampu menampilkan performa terbaik di Piala Dunia U-17, November mendatang. (Foto: dok. PSSI)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah, kanan) dan Menpora Dito Ariotedjo (tengah, kiri) terus memotivasi pemain timnas U-17 agar mampu menampilkan performa terbaik di Piala Dunia U-17, November mendatang. (Foto: dok. PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyampaikan tiga pesan penting untuk Timnas Indonesia yang akan pentas di Piala Dunia U-17, pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Pesan paling utama adalah masalah disiplin. Itu harus dibenahi, selambatnya dua minggu sebelum turnamen dimulai.

"Kemarin, saya sudah bertemu dengan para pemain dan ofisial, setelah mereka pulang dari training center di Jerman, selama lima pekan. Saya sampaikan, disiplin dalam bermain adalah keharusan. Usia 17 tahun, kadang kurang disiplin dalam menerapkan formasi," kata Erick dalam pembukaan Asiana Cup di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Baca juga : Koeman Takut Oranje Keok

Kedua, para pemain diminta memperbaiki komunikasi mereka di lapangan. Pasalnya, selama TC di Jerman sejak 18 September 2023, mereka telah menjalani tujuh kali laga uji coba dengan hasil yang masih belum memuaskan. Hanya mencatat dua kali menang, satu kali imbang, dan empat kali kalah. 

Ketiga, para pemain harus mampu mencetak gol. "Percuma menyerang 10 kali, tapi nggak gol-gol. Ada yang nyerang tiga kali, tapi gol," ujarnya.

Baca juga : Masih Ada Waktu 2 Hari, Erick Minta Timnas U-24 Mati-Matian Lawan Korut

Indonesia akan berada di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Erick menilai, tidak ada lawan yang mudah bagi Indonesia. Karena itu, Iqbal Gwijangge Cs harus terus mematangkan persiapan mereka, terutama kemampuan menyerang.

"Ketika menyerang, harus dimanfaatkan sedemikian mungkin. Karena tim yang akan dilawan adalah tim kelas dunia. Jangan pernah menganggap remeh Panama. Juga jangan pernah menganggap besar Ekuador dan Maroko," tutur Erick.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.