Dark/Light Mode

Liga Champions

Borussia Dortmund Vs Newcastle, Modal Unggul Liga Domestik

Senin, 6 November 2023 11:38 WIB
Para pemain Newcastle United di pentas Liga Inggris. (Foto : ist)
Para pemain Newcastle United di pentas Liga Inggris. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Jerman, Borussia Dortmund, akan menjamu tim Inggris, Newcastle United, pada matchday ke-4 Fase Grup F Liga Champions 2023/2024.

Duel akan digelar di Stadion Signal Iduna Park, pada Rabu (08/11/2023), pukul 00.45 WIB, dengan live di SCTV.

Menuju duel ini, tim tuan rumah, Borussia Dortmund yang berjuluk Die Borussen, takluk dari raksasa Jerman lainnya, Bayern Munchen, dengan skor 0-4 dalam pertandingan bertajuk Der Klasiker di Bundesliga atau Liga Jerman pekan ke-10 di Stadion Signal-Iduna Park, pada Minggu (5/11/2023) dini hari WIB.

Kekalahan telak ini membuat Borussia Dortmund asuhan Edin Terzic tertahan di peringkat empat Liga Jerman, dengan raihan 21 poin dari 10 laga.

Sedangkan tim Inggris, Newcastle United, sukses mengalahkan Arsenal dengan skor 1-0 dalam laga pekan ke-11 Liga Inggris 2023/2024 yang digelar di St James’ Park, Minggu (5/11/2023) dini hari WIB.

Dengan hasil ini, Newcastle United asuhan Eddie Howe berhak naik ke peringkat enam klasemen Liga Inggri 2023/2024 dengan poin 20. 

Diperkirakan, Newcastle United yang berjuluk The Magpies, akan membawa misi balas dendam ke markas Borussia Dortmund pada laga ini.

Baca juga : AC Milan Vs Udinese, Rossoneri Diunggulkan

Pasukan Eddie Howe mengalami kekalahan kontinental pertama musim ini melawan raksasa Jerman dua minggu lalu, kalah 1-0 di St James’ Park, sehingga tergeser di bawah tim Edin Terzic dalam grup yang menarik.

Sementara di kubu tuan rumah, tidak banyak hal positif yang bisa diambil oleh Borussia Dortmund dari kekalahan empat gol mereka melawan Bayern Munchen.

Tetapi pelatih Edin Terzic setidaknya melihat pemainnya selamat dari cedera fisik, meninggalkan tiga pemain yang cedera dalam ruang perawatan.

Emre Can terus kesulitan dengan masalah pinggul yang dia alami menjelang akhir babak pertama melawan Newcastle dua minggu lalu, sedangkan Mateu Morey dan Julian Duranville terus pulih dari cedera lutut dan paha masing-masing.

Tidak ada dari Marius Wolf, Donyell Malen, atau Salih Ozcan yang bertahan selama satu jam dalam Der Klassiker, dan tempat kedua pemain tersebut pasti terancam oleh Karim Adeyemi dan pencetak gol kemenangan St James’ Park, Nmecha, sementara Ramy Bensebaini bisa dipanggil kembali sebagai bek kiri.

Sebaliknya, masalah mulai menumpuk lagi bagi Newcastle United, karena Jacob Murphy tampaknya mengalami kekambuhan dislokasi bahunya setelah turun dari bangku cadangan melawan Arsenal.

Sementara Dan Burn menarik punggungnya setelah jatuh keras dan harus diganti pada babak pertama.

Baca juga : Apesnya The Magpies, Kalah Dan 2 Strikernya Cedera

Matt Targett (hamstring), Alexander Isak (tulang pangkal paha), Harvey Barnes (kaki), Elliot Anderson (punggung), Sven Botman (lutut), dan Javi Manquillo (lipat paha) juga dalam perawatan tim medis yang sudah bekerja keras di Newcastle United.

Sedangkan Sandro Tonali yang dijatuhi hukuman akan menonton dari tribun sekali lagi. Tanpa Matt Targett dan mungkin tanpa Burn yang tersedia di Signal Iduna Park, Tino Livramento mungkin akan langsung diturunkan sebagai bek kiri setelah berhasil menahan Gabriel Martinelli dengan baik di babak kedua di St James’ Park, meskipun Lewis Hall merupakan alternatif muda lainnya.

Selain berhasil mengalahkan Arsenal, Newcastle United asuhan Eddie Howe juga berhasil melibas Manchester United dengan skor 3-0 pada pertandingan perebutan Piala Liga Inggris atau Carabao Cup 2023/2024.

Karena itulah, dengan percaya diri Eddie Howe juga menyebut The Magpies sedang dalam kondisi yang prima untuk menghadapi lawan-lawannya. Eddie Howe, mengatakan atmosfer timnya dalam kondisi yang cukup bagus.

“Itu sangat bagus bisa memberikan semua kesempatan dan saya pikir pemain juga menanggapinya dengan bagus. Itu merupakan usaha yang sangat brilian,” tutur Eddie Howe di laman resmi klub.

“Saya pikir semangat, ambisi dan pikiran pemain berada di level tertinggi. Kita dalam posisi mentalistas yang bagus usai menang, seluruh skuat akan termotivasi dari hasil tersebut,” ujar Eddie Howe.

Sedangkan pelatih Borussia Dortmund, Edin Terzic, menyampaikan rasa puas timnya bisa meraih kemenangan atas Newcastle United pada matchday ketiga Grup F Liga Champions 2023/2024. Sebab, Die Schwarzgelben kesulitan untuk meraih tiga poin di sana.

Baca juga : Fermin Lopez Yakin Barca Lolos Fase Gugur

Prediksi Susunan Pemain 

Borussia Dortmund (4-3-3) : Kobel; Wolf, Hummels, Schlotterbeck, Bensebaini; Nmecha, Ozcan, Sabitzer; Reus, Fullkrug, Adeyemi.
Pelatih: Edin Terzic.

Newcastle United (4-3-3) : Pope; Livramento, Schar, Lascelles, Trippier; Longstaff, Guimaraes, Joelinton; Almiron, Wilson, Gordon.
Pelatih: Eddie Howe.

Lima Pertandingan Terakhir Borussia Dortmund
5 November 2023 Borussia Dortmund vs Munchen: 0-4
2 November 2023 Borussia Dortmund vs Hoffenheim: 1-0
29 Oktober 2023 Frankfurt vs Borussia Dortmund: 3-3
26 Oktober 2023 Newcastle v Borussia Dortmund: 0-1
21 Oktober 2023 Borussia Dortmund vs Bremen: 1-0

Lima Pertandingan Terakhir Newcastle United
5 November 2023 Newcastle vs Arsenal: 1-0
1 November 2023 MU vs Newcastle: 0-3
38 Oktober 2023 Wolves vs Newcastle: 2-2
26 Oktober 2023 Newcastle v Dortmund: 0-1
21 Oktober 2023 Newcastle vs Crystal Palace: 4-0


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.