Dark/Light Mode

Liga Champions

Duh, Barca Keok Lawan Klub Asal Ukraina

Rabu, 8 November 2023 04:56 WIB
Duel Bacelona vs Shakhtar Donest di Liga Champions. (Foto : Ist)
Duel Bacelona vs Shakhtar Donest di Liga Champions. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Raksasa Spanyol, Barcelona tumbang di markas tim asal Ukraina, Shakhtar Donetsk dalam pertandingan matchday 4 Grup H pada Fase Grup Liga Champions 2023/2024. 

Duel berlangsung di markas sementara Shakhtar Donetsk di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, pada Rabu (08/11/2023) dini hari WIB. Shakhtar Donetsk asuhan Marino Pusic membungkus kemenangan tipis 1-0.

Shakhtar, klub asal negara yang berkecambuk perang ini meladeni Barca dengan pendekatan taktik yang tepat. Blaugrana memang lebih banyak membawa bola, tapi serangan-serangan Shakhtar lebih efektif.

Gol tunggal kemenangan Shakhtar datang dari aksi Danylo Sikan di ujung babak pertama pada menit ke-40. Barca mendapatkan sejumlah peluang, tapi terlalu banyak yang melenceng.

Kemenangan ini krusial bagi Shakhtar untuk menjaga asa lolos dari Grup H Liga Champions.

Baca juga : AFC Cup, Bali United Siap Balas Kekalahan Lawan Wakil Australia

Hasil ini membuat Barcelona masih harus menunggu lebih lama untuk memutus kutukan tidak lolos fase gugur Liga Champions selama dua musim beruntun.

Dua matchday terakhir akan menentukan nasib Xavi Hernandez dalam melalui tantangan terbesarnya.

Georgiy Sudakov terpilih sebagai pemain terbaik alias man of the match dari duel ini. Kemenangan ini krusial bagi Shakhtar untuk menjaga asa lolos dari Grup F Liga Champions 2023/2024.

Sudakov memang tidak mencetak gol atau membuat assist di pertandingan ini. Namun, kontribusinya untuk permainan Shakhtar tetap sangat penting.

Sebagai pemain Nomor 10, Sudakov jelas membuat pertahanan Barca lebih sibuk. Dia mencatatkan 83 persen umpan sukses di laga ini, di antaranya termasuk 2 umpan kunci.

Baca juga : AC Milan Vs PSG, Hidup Mati Rossoneri

Aksi Sudakov mencuri perhatian UEFA’s Technical Observer Panel yang memilihnya jadi man of the match: “Pemimpin tim, operan akurat, teknik bagus, pekerja keras.”

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez mengakui, Blaugrana tak bisa terus-terusan bermain cantik dan memetik kemenangan. Los Cules kalah dari Shakhtar Donetsk di Liga Champions.

Dalam lima pertandingan terakhir, Barcelona kurang konsisten. Ada tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kali menelan kekalahan.

“Apakah bermain bagus lebih penting dibandingkan meraih kemenangan? Keduanya adalah skenario yang ideal, tapi kami tahu bahwa itu tak terjadi pada setiap pertandingan. Kami ingin memainkan sepakbola yang indah dan menang. Itu skenario idealnya,” tutur Xavi Hernandez di situs UEFA.

Meski meraih kemenangan, Shakhtar Donetsk masih berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup H dengan enam poin dari empat laga, sedangkan Barcelona tetap menduduki peringkat pertama dengan sembilan poin.

Baca juga : Man City Vs Young Boys: Gacor Lagi, Jeremy Doku!

Susunan Pemain 

Shakhtar Donetsk (4-1-4-1) : Dmytro Riznyk; Mykola Matvienko, Yaroslav Rakitskyi, Valeriy Bondar, Giorgi Gocholeishvili; Taras Stepanenko (73’ Ehor Nazaryna); Newerton, Heorhii Sudakov, Dmytro Kryskiv, Oleksandr Zubkov; Danylo Sikan (62’ Kelvin Kelsy).
Pelatih: Marino Pusic.

Barcelona (4-3-3) : Marc-Andre ter Stegen; Joao Cancelo, Ronald Araujo, Andreas Christensen, Marcos Alonso (60’ Alejandro Balde); Ilkay Gundogan, Oriel Romeu (59’ Pedri), Gavi (81’ Fermin Lopez); Raphinha (59’ Lamine Yamal), Robert Lewandowski, Ferran Torres (59’ Joao Felix).
Pelatih: Xavi Hernandez.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.