Dark/Light Mode

Sebarkan Jurnalisme Positif, MIND.ID Fasilitasi Lomba Menembak Untuk Wartawan

Minggu, 12 November 2023 09:29 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu perusahaan di bawah BUMN, yakni MIND.ID, mendukung kegiatan Jakarta Journalist Shoot 2023 yang diadakan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Jakarta Raya.

Selain sebagai ajang silaturahmi, ajang tersebut mengusung tema besar yakni "jurnalisme positif".

Acara yang digelar dalam rangka Hari Pahlawan, diikuti 80 peserta dari kalangan jurnalis baik media TV maupun media online.

Para jurnalis yang antusias mengikuti kegiatan menembak, bermain di kaliber 9mm dan senjata metal silhouette yang sangat familiar untuk penembak Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Ketum PB Perbakin Joni Supriyanto, Kabid Komunikasi Publik Dinas Kominfotik DKI Jakarta Koharudin, Wakil Ketua IJTI Pusat Wahyu Triyogo, hingga Ketua IJTI Jakarta Raya Feby Budi Prasetyo.

Dalam sambutannya, Feby mengatakan, Jakarta Journalist Shoot 2023 digelar bagi para jurnalis agar dapat rehat sejenak dari tugas peliputan. 

Baca juga : BSI Siap Fasilitasi Anak Muda Untuk Pembiayaan Perumahan

Apalagi, saat ini mereka tengah disibukkan dengan rangkaian pemilu 2024.

"Kenapa menembak? Karena jurnalis juga harus memiliki sasaran yang tepat dan akurat dalam menyajikan berita," ujar Feby.

"Acara ini juga menjadi ajang menggelorakan jurnalisme positif hingga dapat diterapkan secara maksimal karena teman-teman menjadi bagian penting dalam perjalanan Pilpres kali ini," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Umum PB Perbakin Letjen TNI Purnawirawan Joni Supriyanto mengucapkan terima kasih kepada IJTI Jakarta Raya yang memilih Lapangan Tembak yang dimiliki Perbakin sebagai tempat acara kali ini.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada IJTI yang telah memiliki Perbakin sebagai tempat untuk bersilaturahmi karena setelah ini Perbakin pasti akan menjadi sangat terkenal," kata dia.

“Menembak adalah salah satu cabor yang meraih medali terbanyak saat Asian Games,” imbuhnya.

Baca juga : AMIN Yakin Bisa Menang Satu Putaran

Ia berharap, tema yang diusung dapat diterapkan oleh para jurnalis dalam melakukan peliputan, terutama saat Pemilu 2024 ini.

"Untuk acara gathering hari ini, sehingga IJTI Jakarta Raya mampu membuat jurnalisme positif khususnya dalam menyambut Pemilu pada 2024 mendatang," ucap Joni.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menambahkan, harus menjunjung sportivitas, disiplin hingga kompetisi sebagaimana pekerjaan sehari-hari yang dilakukan para jurnalis.

Dia pun menyatakan, selama ini jurnalis juga memiliki senjata, sama seperti aparat maupun atlet penembak, yang bisa lebih cepat dan tepat mengenai sasarannya.

"Dengan menggunakan kamera atau berita, sekali kena bisa sepuluh orang. Lebih cepat dan tepat kenanya,” ungkapnya, sambil tertawa.

Juara Journalist Shooting 2023: Terbaik 1 Khusni Mubarak – iNews

Baca juga : Belajar Dari Kisah Inspiratif Raeni, Ibas Beri Motivasi Mahasiswi Penerima Beasiswa

Terbaik 2 Muhdi Wanto – MNC

Terbaik 3 Abdul Haris – Indosiar

Apresiasi 1 Gatot Budi Santosa – RTV

Apresiasi 2 Aryanav Karim Purnama – iNews

Apresiasi 3 Angga Aliya ZRF –

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.