Dark/Light Mode

Piala Dunia Grup A

Tahan Panama 1-1, Garuda Muda Masih Punya Asa Lolos Fase Gugur

Senin, 13 November 2023 21:08 WIB
Bintang kemenangan Indonesia atas Panama, Arkhan Kaka. (Foto : PSSI)
Bintang kemenangan Indonesia atas Panama, Arkhan Kaka. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Skuad Garuda Muda masih berpeluang lolos fase gugur Piala Dunia U-17 usai main imbang lawan Timnas U-17 Panama pada matchday kedua Grup A Piala Dunia U-17.

Duel timnas Indonesia melawan Panama yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (13/11/2023) malam berakhir dengan skor 1-1.

Timnas Indonesia U-17  yang punya bekal satu poin usai bermain imbang 1-1 lawan Ekuador sempat kerepotan mengimbangi lawan hingga waktu normal babak pertama.

Di awal-awal, mengandalkan Jehan Pahlevi dan Arkhan Kaka, timnas U-17 Indonesia belum banyak memberikan serangan. Tercatat Panama menguasai bola sampai 54 persen.

Bahkan timnas nyaris bikin gol bunuh diri di menit ke-14. Sebuah akselerasi pemain Panama dari sayap kanan diakhiri dengan tendangan mendatar di depan gawang.

Baca juga : Babak Pertama, Garuda Muda Tertinggal 0-1 Lawan Panama

Iqbal Gwijangge sukses memotong umpan tersebut namun bola meluncur tipis di sisi gawang Indonesia. Gawang Indonesia selamat dari kebobolan.

Duel keras di lini tengah. Upaya anak-anak Indonesia untuk keluar dari tekanan mendapat adangan dari gelandang Panama. Arkhan Kaka melakukan pelanggaran dan membuat pemain Panama, Oldemar Castillo, terjatuh dan mendapat perawatan.

Petaka terjadi di menit ke-48 atau tiga menit di masa tambahan waktu normal babak pertama.

Konsentrasi pemain belakang buyar lantaran blunder yang dilakukan Iqbal Cs. Oldemar Castillo yang medpaat bola liar berhasil mengecoh sejumlah pemain Indonesia sebelum mencocor bola untuk menaklukkan kiper Indnesia Ikram Al Giffari.

Skor 1-0 untuk kemenangan timnas Panama. Babak pertama berakhir untuk kemenangan Panama.

Indonesia mencoba mengambil inisiatif menyerang di babak kedua. Namun, serangan yang dibangun skuad Garuda Asia berhasil diredam permainan keras Panama.

Baca juga : Garuda Muda Wajib Menang

Gol yang ditunggu akhirnya tiba, Indonesia berhasil mencetak gol penyeimbang ewat sundulan terukur Arkhan Kaka usai memanfaatkan umpan silang Welber Jardim pada menit ke-54. Hingga babak kedua berakhir skor kedua tim tidak berubah 1-1.

Sebelumnya, Panama U-17 gagal mendapatkan poin usai dikalahkan Maroko 0-2 pada laga pembuka Grup A Piala Dunia U-17. Sementara Indonesia dapat 1 poin usai mengimbangi Ekuador. 

Grup A diisi oleh Indonesia, Ekuador, Panama dan Maroko. Dalam format Piala Dunia U-17 2023, dua tim teratas di setiap grup dan empat tim ketiga dengan rekor terbaik akan mendapatkan tiket lolos ke tahap sistem gugur.

Sebelumnya, Ekuador menang 2-0 atas Maroko pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11).

Kemenangan Ekuador membuat persaingan di Grup A semakin menarik. Hasil ini membuat Ekuador untuk sementara berada di posisi puncak klasemen dengan empat poin, disusul dengan Maroko di posisi kedua dengan tiga poin.

Timnas Indonesia U-17 berada di posisi ketiga dengan dua poin. Sementara Panama baru satu poin.

Baca juga : Malam Ini Lawan Garuda Muda, Panama: Indonesia Bukan Lawan Mudah

Tim asuhan Bima Sakti punya peluang lolos ke fase gugur dengan catatan harus menang pada laga terakhir lawan timnas Maroko.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-17: Ikram Al Giffari; Welber Jardim, Iqbal Gwijangge, Sulthan Zaky, Figo Dennis, Habil Akbar; Kafiatur Rizky, Ji Da Bin, Riski Afrisal, Jehan Pahlevi; Arkhan Kaka.

Timnas Panama U-17: Manuel Romero: Martin Krug, Juan Hall, Erick Diaz, Juan Jimenez, Jael Pierre; Anel Ryce, Eric Moreno, Oldemar Castillo, Hector Rios; Federick Krug.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.