Dark/Light Mode

Alvin-Avila Bahar Raih Posisi Kedua di Sepang 1.000 Kilometer

Rabu, 29 November 2023 00:25 WIB
Alvin Bahar, Avila Bahar dan Stefen Teo. (Foto: Istimewa)
Alvin Bahar, Avila Bahar dan Stefen Teo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alvin Bahar dan putranya, Avila Bahar, seolah punya tenaga ekstra. Usai sama-sama meraih gelar juara nasional pada kelas berbeda di putaran terakhir Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2023 di Sirkuit Sentul, sepekan setelahnya, keduanya balapan lagi di Malaysia.

Avila terbang lebih awal menuju Sepang, Malaysia, untuk tampil di pentas balap bertajuk ‘Sepang 1.000 Km Endurance Race’ (S1K) yang digelar pada Kamis-Minggu (23-26/11) di Sirkuit Sepang. Dua hari berselang, sang ayah, Alvin Bahar pun terbang mengikuti putranya guna mendampingi Avila di balapan Super Production yang mereka ikuti atas undangan dari Honda Malaysia.

Hubungan baik pabrikan Honda Indonesia dan Malaysia yang terjalin baik sejak lama yang membuat Honda Indonesia pun menerjunkan dua pembalap papan atas pabrikan ini untuk tampil di ajang internasional yang diikuti ratusan pembalap dari puluhan negara ini.

Baca juga : Apical Pertahankan Posisi Tiga Teratas di SPOTT 2023

Balapan Sepang 1.000 km ini merupakan balap ketahanan international open di Sirkuit Sepang Internasional dengan menempuh jarak 1.000 km. Jadi 181 lap diikuti selalu oleh 77 peserta karena jumlah maksimum sesuai lisensi sirkuit. Sebenarnya peserta yang mendaftar pun lebih dari 77 peserta, tapi akhirnya kena eliminasi.

Kejuaraan ini terbagi menjadi 4 kelas dan di kelas Super Production yang diikuti Alvin dan Avila, termasuk yang pesertanya paling banyak, yaitu 29 mobil. Setiap satu mobil boleh terdiri dari dua sampai dengan empat pembalap.

Awalnya, Avila Bahar direncanakan hanya tampil berdua dengan Stefen Teo. Tapi, karena balap 1.000 km terbilang sangat lama hingga mencapai waktu sembilan jam, dan menurut penilaian tim, formasi dua pembalap terlalu riskan sehingga diputuskan sang ayah, Alvin Bahar, pun ikut mendampingi sehingga ada spare tenaga dan stamina.

Baca juga : Kirana Megatara Raih Sertifikasi FSC Pertama di Indonesia

Penilaian tim memang tak salah. Alvin, Avila dan Stefen Teo tampil mumpuni menghabiskan 161 lap dan meraih posisi kedua dengan gap hanya 46 detik dari pembalap Malaysia: Lee Kar Wai yang meraih posisi pertama.

Alvin Bahar sebagai pembalap yang posisinya mengemudikan kendaraan hingga memasuki finis mengakui kalau balapan ini sangat menantang karena 1.000 kilometer dan waktunya mencapai 9 jam. “Memang butuh tenaga ekstra dan harus fit banget sehingga terasa sangat menantang,” tutur Alvin kepada media, Senin (27/11).

Jelas menantang lantaran Alvin baru tiba di Sepang pada Jumat (24/11) dan hanya beristirahat sekitar 2 jam, langsung tancap gas di kelas Super Production.

Baca juga : Atap Bangunan Ringkih, Pegawai Kerja Pakai Helm

Menurut Alvin, balapan di Sirkuit Sepang itu pun jadi pengalaman berharga dalam karir balapnya bersama putranya. “Kami mulai balap dari jam 12.00 siang dan baru kelar sekitaran jam 21.00 waktu Malaysia. Sangat menyenangkan bagi kami,” jelas Alvin.

Meski kelelahan, Alvin dan Avila puas dengan hasil posisi runner up yang mereka raih. Setidaknya, usai kecapean dari balapan putaran terakhir di ISSOM Sentul, ayah dan anak ini tetap bisa meraih hasil cemerlang, posisi kedua di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.