Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Final Piala Dunia U-17: Jerman Vs Prancis

Adu Kuat Raksasa Muda Benua Biru

Sabtu, 2 Desember 2023 07:00 WIB
Ismail Bouneb (Prancis) dan Paris Brunner (Jerman). (Foto: Antara)
Ismail Bouneb (Prancis) dan Paris Brunner (Jerman). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Final Piala Dunia U-17 2023 menghadirkan dua tim raksasa Benua Biru alias Eropa, yakni Jerman kontra Prancis. Duel bersejarah bagi kedua tim ini akan digelar di Stadion Manahan, Solo, malam ini.

Pertandingan ini krusial bagi Der Panzer maupun Les Bleus alias Ayam Jantan, karena jadi penentu juara turnamen level dunia pada kelompok umur 17 tahun ke bawah.

Jerman sedang berusaha me­nyabet gelar Piala Dunia U-17 pertama dalam sejarah mer­eka. Sebelumnya, tim muda Die Mannschaft baru merasakan jadi runner up selama satu kali pada edisi 1985 lalu. Sedangkan bagi Prancis, gelar juara Piala Dunia U-17 akan mengulang ke­suksesan pada 2001 lalu. Karena itu trofi bakal jadi torehan pent­ing bagi kedua kubu.

Baca juga : Pelatih Prancis Ramal Deul Lawan Jerman Bakal Sangat Ketat

Jerman melangkah ke final, setelah menyingkirkan Argentina di semifinal, Selasa (28/11). Tim asuhan Christian Wuck itu me­nang dramatis dalam babak adu penalti setelah bermain imbang 3-3 di waktu normal. Sedangkan, Prancis sukses menundukkan Mali dengan skor 2-1.

Pelatih Jerman U-17, Christian Wueck mengungkapkan anak asuhnya dalam kondisi prima menjelang partai puncak. “Pengalaman menarik berlaga di sini, ada dua tim Eropa yang hadir di final di Indonesia me­nantikan laga besok. Ya ten­tunya, kami ingin membuat sejarah, menjadi juara, kita lihat saja nanti,” kata Wueck.

Ketajaman Jerman yang ge­mar mencetak tiga gol dalam setiap penampilan akan diuji oleh pertahanan Prancis yang baru sekali saja tercoreng.

Baca juga : Lawan Tango Muda, Mali Nafsu Kejar Peringkat 3

Jerman diprediksi kembali bertumpu pada Paris Brunner yang beroperasi di sisi winger kiri. Pemain bernomor punggung 7 ini sudah melesakkan total 4 gol, termasuk brace ke gawang Argentina dalam babak semifinal.

Kapten Jerman U-17, Noah Darvis, juga menyebut timnya tak memiliki beban berat. Ia tak sabar menantikan laga final dan membuktikan siapa yang layak mengangkat trofi di Indonesia. “Ya, pemain sangat senang berada di sini, di tim kami se­muanya pun normal dan rileks dan tentunya kami tak sabar untuk bertanding besok,” kata Noah.

Sepanjang kejuaraan ini, Die Mannschaft tampil mengesank­an. Mereka memiliki catatan yang sempurna saat menghadapi fase penyisihan grup. Seluruh lawan yang dihadapi pun har­us bertekuk lutut di hadapan Jerman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.