Dark/Light Mode

Jerman Juara Piala Dunia U-17

Erick: Semoga Jadi Motivasi Buat Timnas Kita...

Minggu, 3 Desember 2023 08:20 WIB
Timnas Jerman mengangkat trofi juara Piala Dunia U-17 2023 usai mengalahkan Timnas Prancis pada laga final, di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/12/2023). (Foto: Antara)
Timnas Jerman mengangkat trofi juara Piala Dunia U-17 2023 usai mengalahkan Timnas Prancis pada laga final, di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/12/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Piala Dunia U-17 yang berlangsung di Indonesia, resmi berakhir. Timnas Jerman keluar sebagai pemenang usai duel sengit dengan Prancis. Ketua Umum PSSI Erick Thohir berharap, Piala Dunia U-17 jadi motivasi bagi Timnas kita...

Laga final antara Jerman vs Prancis digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (2/12/2023) malam. Laga yang disaksikan sekitar 14 ribu penonton itu ikut dihadiri Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, hingga Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Gianni Infantino. Mereka tampak hadir dan duduk di tribun yang ditujukan khusus untuk tamu VIP.

Dalam laga tersebut, Jerman berhasil menang lewat adu penalti setelah kedua tim imbang 2-2 waktu normal pada partai final Piala Dunia U-17 2023. Jerman menang dengan skor 4-3 dan merengkuh gelar juara Piala Dunia U-17 2023.

Baca juga : Prancis Kalah: Harusnya Kami Bisa Manfaatkan Keunggulan Pemain

Sejak awal pertandingan, Jerman main agresif sejak menit pertama. Pada babak pertama, Tim Panser berhasil unggul dengan skor 1-0 lewat gol Paris Brunner melalui tendangan penalti.

Di awal babak kedua, Jerman berhasil mempertebal kemenangan dengan gol dari Darvich. Namun, skor 2-0 tidak berlangsung lama. Bouabre berhasil memperkecil skor jadi 1-2 dengan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Namun, jelang menit-menit akhir pertandingan, Jerman malah kehilangan 1 pemain. Winners Osawe, pemain tengah Jerman kena kartu merah setelah menekel Bouneb. Dengan pemain tersisa 10 orang, akhir pertahanan Jerman dibobol Prancis pada menit ke-85. Tusukan Tidiam Gomis di sisi kanan dilanjutkan dengan umpan mendatar yang disambar Mathis Amougou di muka gawang Jerman.

Baca juga : Babak Pertama Final Piala Dunia U-17, Panser Muda Ungguli Prancis 1-0

Hingga waktu normal, skor tidak berubah sehingga harus diselesaikan dengan adu penalti. Jerman menang dengan skor 4-3 dan merengkuh gelar juara Piala Dunia U-17 2023.

Usai pertandingan, Erick Thohir mengaku terhibur menyaksikan duel sengit Jerman vs Prancis. Menteri BUMN itu menilai, banyak pelajaran yang bisa diambil Indonesia selama pertandingan Piala Dunia hingga laga final ini.

“Jerman pantas menjadi juara. Semenjak penyisihan grafik performa mereka terus menanjak. Mereka menyingkirkan tim kuat Spanyol dan Argentina sebelum akhirnya bersua Prancis di laga puncak,” ujarnya.

Baca juga : Adu Kuat Raksasa Muda Benua Biru

Erick berharap tontonan seru duel final memberi pembelajaran bagi sepak bola Indonesia. Menurutnya, Piala Dunia U-17 menjadi contoh pentingnya keseriusan untuk melakukan pembinaaan pemain sejak usia dini.

“Untuk membentuk timnas senior yang solid perlu ditopang pembinaan yang berkesinambungan. PSSI mendapat pelajaran banyak dari Piala Dunia U-17, tak hanya sebagai pengelola event tapi juga pemikiran masa depan berkaitan dengan pembinaan,” kata dia.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 3/12/2023 dengan judul Jerman Juara Piala Dunia U-17, Erick: Semoga Jadi Motivasi Buat Timnas Kita...

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.