Dark/Light Mode

Selangkah Lagi, Pemain Belanda Asal Solo Ini Masuk Timnas

Minggu, 17 Desember 2023 05:50 WIB
Thom Haye. (Foto : Ist)
Thom Haye. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keinginan Thom Haye bisa membela Timnas Indonesia bakal terwujud. Ketua PSSI, Erick Thohir memastikan, proses naturalisasi gelandang SC Heerenveen di Liga Belanda itu akan segera terwujud.

“PSSI saat ini sedang membuka diri untuk pemain keturunan yang ingin memperkuat Timnas Indonesia lewat jalur naturalisasi. Termasuk Thom Haye. Tapi hingga kini kami masih menunggu Thom Haye,” kata Erick Thohir lewat akun Instagramnya @erickthohir, Sabtu (16/12).

Baca juga : PSG Lolos Dari Maut

Sebelumnya, Thom Haye sudah terang-terangan berminat dinaturalisasi demi membela Timnas Indonesia dalam wawancaranya dengan ESPN Belanda pada Rabu (13/12/2023).

“Ya, itu akan menyenangkan. Saya yakin hal itu masih akan terjadi,” jelas pesepak bola kelahiran Amsterdam, Belanda, pada 9 Februari 1995 itu.

Baca juga : Jelang Lawan Bali United, Maung Bandung Usung Misi Curi Poin

“Saya sudah menyadarinya dan sekarang saya pada dasarnya belum menjadi bagian dari itu semua,” jelas Thom Haye.

Darah Indonesia Thom Haye konon mengalir dari kakeknya yang lahir di Solo, Jawa Tengah, dan neneknya keturunan Sulawesi Utara.

Baca juga : Indonesia Berpeluang Jadi Pemain Utama Baterai Dunia

Thom Haye pernah membela Timnas Belanda U-15 hingga U-21 pada 2009-2015. Tapi, dia tidak kunjung mendapatkan panggilan dari Belanda senior.

Berposisi sebagai gelandang bertahan, Thom Haye adalah pemain utama SC Heerenveen di Eredivisie 2023/2024. Dia bermain 13 kali dengan perolehan dua gol, satu assist, dua kartu kuning, dan satu kartu merah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.