Dark/Light Mode

Tenis United Cup 2024

Sikat Prancis, Polandia Ke Final

Minggu, 7 Januari 2024 07:00 WIB
Iga Swiatek. (Foto: AFP)
Iga Swiatek. (Foto: AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Iga Swiatek dan rekannya, petenis putra, Hubert Hurkacz membawa Polandia ke final United Cup 2024. Keduanya meraih kemenangan dengan susah payah atas Tim Prancis di semifinal, kemarin.

Hurkacz, yang menduduki peringkat sembilan dunia terting­gi dalam kariernya, mengalahkan petenis kidal Adrian Mannarino 6-3, 7-5 di Sydney. Sedangkan Swiatek yang menumbangkan Caroline Garcia 4-6, 6-1, 6-1.

Ini adalah final pertama bagi Polandia. Tahun lalu, mereka kalah di babak semifinal dari Amerika Serikat (AS) yang akhirnya jadi juara.

“Saya senang bisa bangkit dan tidak melakukan banyak kesala­han seperti pada set pertama. Yang pasti, Caro memberikan tekanan seperti biasa, jadi saya senang kami lolos ke final,” kata Swiatek, dilansir 𝘈𝘍𝘗, kemarin.

Baca juga : TC Hingga 6 Januari, Timnas Indonesia Menuju Turki

Dia mengaku sempat menga­lami kesulitan. Terutama di set pertama. Di mana situasi sempat berubah hingga menjadikan tekanan untuknya. “Tapi hanya merasa perlu sedikit tenang dan tidak terburu-buru,” ujarnya.

Garcia sebelumnya jadi pe­nyelamat Prancis dalam ke­menangan 2-1 atas Norwegia di perempatfinal. Melalui per­juangan berat melawan Malene Helgo, Garcia bangkit untuk menang di ganda campuran.

Dia kembali menunjukkan semangat juangnya dengan mematahkan servis Swiatek untuk memimpin 4-3. Garcia lalu merebut set pertama dalam waktu 43 menit.

Namun, Swiatek berhasil mendominasi sisa pertandin­gan. Swiatek kembali meraih momentum pada set kedua. Dia memimpin 5-0 sebelum mengubah set point ketiganya menjadi 5-1.

Baca juga : Penutupan BFN 2023, Sinergi Tingkatkan Literasi Teknologi Keuangan Digital

Sebuah break pada gim pem­buka set penentuan membuat Garcia kecewa. Swiatek yang tidak mengalami kendala saat melaju untuk mengemas keme­nangan.

Sementara Hurkacz yang bermain bagus di saat-saat kri­tis, bisa bertahan mengatasi tekanan. Dia kemudian menutup pertandingan dalam satu jam 41 menit.

Usai laga, Hurkacz mengakui, melawan Mannarino merupakan laga yang sesungguhnya. Juara Shanghai Masters 2023 itu memuji lawannya yang mampu memainkan pukulan yang sangat rumit dan sulit untuk dilawan.

“Saya hanya berjuang untuk setiap poin, dan saya pikir secara mental saya mampu bertahan, tetap positif sebelum setiap poin dan saya pikir saya juga sangat tangguh hari ini,” ujar Adrian.

Baca juga : Pemilu Semakin Panas, Hati Harus Lebih Dingin

Di laga final, Polandia akan berhadapan pemenang duel Jerman versus tuan rumah Australia. Partai puncak digelar hari ini waktu setempat.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 7/1/2024 dengan judul Tenis United Cup 2024, Sikat Prancis, Polandia Ke Final    

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.