Dark/Light Mode

Lisa Rumbewas, Lifter Asal Papua Peraih 3 Medali Olimpiade Meninggal Dunia

Minggu, 14 Januari 2024 13:54 WIB
Atlet putri terbaik di dunia angkat besi, Lisa Raema Rumbewas. (Foto: X/KEMENPORA_RI)
Atlet putri terbaik di dunia angkat besi, Lisa Raema Rumbewas. (Foto: X/KEMENPORA_RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia kembali berduka atas berpulangnya salah satu atlet putri terbaik di dunia angkat besi, Raema Lisa Rumbewas. 

Lifter yang pernah meraih tiga medali Olimpiade itu meninggal dunia pada Minggu (14/1) pukul 03.00 WIT di RSUD Jayapura, Papua.

Lisa Rumbewas, lahir pada 10 September 1980. Ia tumbuh dalam keluarga atlet yang dikenal sebagai perintis olahraga angkat besi di Bumi Cendrawasih. 

Baca juga : Dany Kenang 3 Wasiat Dan Semboyan Terakhir Doni Monardo Sebelum Meninggal Dunia

Anak dari binaragawan terbaik Indonesia, Levi Rumbewas, dan lifter putri Ida Korwa ini membawa harum nama Indonesia di kancah internasional.

Prestasinya yang paling gemilang adalah di Olimpiade 2000 Sydney, di mana Lisa meraih medali perak di kelas -48 kg putri. Konsistensinya terus terjaga dengan tambahan dua medali Olimpiade, yakni di Athena 2004 (-53 kg putri) dan Beijing 2008 (-53 kg putri).

Pada Olimpiade Beijing, perolehan medali Lisa semakin mengkilap setelah Komite Olimpiade Internasional mencabut medali emas dari atlet asal Belarusia, Nastassia Novikava, yang terbukti menggunakan doping. Dengan pencabutan itu, Lisa secara otomatis mendapatkan medali perunggu.

Baca juga : Kisah Sukses Reisha, Lahirkan Produk Noera Skincare Dari Bandung

Lisa juga mengukir prestasi di ajang-ajang lain, termasuk SEA Games 2001 Kuala Lumpur (medali perak, -48 kg putri), Asian Games 2002 Busan (medali perunggu, -48 kg putri), dan Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2006 Santo Domingo (medali perak, -53 kg putri).

Ketua Umum Komite Olimpiade Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman, menyampaikan belasungkawa dan apresiasi atas kontribusi luar biasa Lisa.

"Selaku Ketua Umum KONI Pusat dan mewakili masyarakat olahraga prestasi, saya menyampaikan turut berduka cita. Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Pengasih dan jasanya sebagai patriot olahraga akan selalu dikenang," ujar Marciano Norman dilansir ANTARA.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.