Dark/Light Mode

Kisah Sukses Reisha, Lahirkan Produk Noera Skincare Dari Bandung

Jumat, 27 Oktober 2023 20:52 WIB
Reisha Novandita bersama sang pasangan. Foto: Istimewa
Reisha Novandita bersama sang pasangan. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Reisha Novandita (29), tak pernah menyangka cuan deras bakal mengalir dari hobinya yakni travelling. Berawal dari senang jalan-jalan ke Thailand dengan sang suami, ia melihat peluang bagus untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Mulanya banyak teman dan saudara yang titip belanja ke Reisha selama di Thailand. Dari sini lambat laun dia punya pelanggan setia yang lebih banyak lagi untuk titip belanjaan dari Negeri Gajah Putih itu. Saat ini, profesi ini lebih dikenal sebagai jastip (jasa titip).

"Jadi awalnya aku seneng travelling. Terus buka jastip deh saya sama suami waktu di Thailand. Itu kan viral banget (produk kecantikan dari Thailand). Terus akhirnya suami bilang 'Kenapa nggak bikin brand sendiri? Dari pada capek-capek bolak-balik ke Thailand'. Akhirnya kita cari pabrik untuk bikin brand skincare dan berawal dari jastip malah jadi pengalaman jualan dan sekarang bikin brand sendiri," ucap perempuan lulusan Akuntansi Universitas Padjadjaran itu, Kamis (26/10/23).

Dia juga bercerita bahwa tahun 2018 jadi momen pertama untuk Reisha menemukan racikan yang tepat untuk brand skincarenya.

Baca juga : Dassault Systèmes Dukung Percepatan Produksi Kendaraan Listrik di Indonesia

Noera, jadi nama yang dipilih untuk mereknya. Mulanya, Noera merilis produk pertama yakni handbody. Barulah kemudian collagen drink yang tak disangka-sangka langsung booming.

Kata dia, ada kecenderungan market yang memang mencari produk bukan hanya untuk kesehatan kulit tapi juga mencerahkan.

"Jujur orang Indonesia itu sampai sekarang paling banyak mencari produk yang whitening. Makanya waktu awal-awal itu booming banget memang produk itu. Terus kita malah makin dikenal itu collagennya. Itu sudah dapat Top Brand sampai dua kali (2022-2023)," kata Reisha.

"Karena kan kita juga butuh skincare dari dalam untuk boost skincare dan menyehatkan kulit. Jadi tahun 2018 itu booming dan kolagen memang belum banyak. Itu produk kedua, yang pertama rilis itu lotion," lanjutnya.

Baca juga : Piala Presiden Esports 2023, Lahirnya Para Juara Baru Esports Indonesia

Tapi jangan salah, Reisha mengaku ia sudah kenyang dengan kegagalan dalam berbisnis. Jadi, kesuksesannya memang tidaklah instan.

Hanya Reisha termasuk memiliki jiwa pengusaha yang kuat, sehingga mau untuk bangkit lagi dan belajar dari kesalahan.

"Saya merasa yakin waktu bisnis Noera, karena sebelum memulai bisnis udah beberapa kali memulai bisnis yang lain. Gagal itu nggak cuma sekali tapi berkali-kali. Dari situ saya belajar," ceritanya.

Awal berdagang merek skincare Noera memang membuatnya berdarah-darah. Tapi ia getol untuk mencoba dan menawarkan. Terlebih ia cukup beruntung karena punya banyak pelanggan setia yang jadi pasarnya untuk berjualan Kerja kerasnya membuahkan hasil.

Baca juga : Tokopedia Gencar Digitalisasi UMKM

Kini, brand Noera dikenal se-Indonesia. Bahkan memiliki produk unggulan lainnya salah satunya pencerah ketiak. Lebih mengejutkannya lagi, saat pandemi ia mengaku justru mengalami keuntungan 10 kali lipat.

"Dulu kan marketnya sudah ada dari yang jastip itu. Jadi awalnya dari situ. Terus waktu pandemi ini malah untungnya banyak, bisa sampai 10 kali lipat karena kan orang maunya belanja online semua ya. Jadi, intinya kalau mau mulai usaha, jangan menyerah dan terus berinovasi. Jangan takut gagal karena gagal itu hal yang biasa," pesan Reisha.

Berkat konsistensinya, akun Tiktok @noerabeauty pun di ikutin sekitar 750 ribu followers dan akun Instagram @noerabeautycare diikutin sekitar 500 ribu followers dan @noeraskincare.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.