Dark/Light Mode

Piala Asia 2023, Tim Garuda Tatap Babak 16 Besar

Selasa, 23 Januari 2024 05:57 WIB
Para pemain timnas senior. (Foto : PSSI)
Para pemain timnas senior. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia akan meladeni tim kuat Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024).

Duel atas Samurai Biru ini menjadi penentu kedua tim lolos ke babak 16 besar atau melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Baca juga : Malam Ini, Yakob Sayuri Pede Banget Bisa Tekuk Vietnam

Peluang Tim Garuda lolos ke 16 besar cukup terbuka. Hingga seluruh tim menyelesaikan dua pertandingan babak penyisihan grup Piala Asia 2023, Indonesia memimpin klasemen sementara di antara sesama peringkat ketiga seluruh grup.

Kini, Indonesia menempati peringkat ketiga Grup D usai mengalahkan rival sesama negara ASEAN, Vietnam dengan koleksi tiga poin dengan selisih gol -1, sehingga berada di peringkat pertama dan kedua bersama Bahrain yang memiliki poin dan selisih gol yang sama dengan Indonesia.

Baca juga : Hasil Piala Asia: Thailand-Arab Saudi Sukses Raih 3 Poin

Kondisi tersebut membuat Asnawi Mangkualam dan kolega berpeluang besar lolos ke babak 16 besar, meskipun belum sepenuhnya aman.

Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang pada partai ketiga atau pertandingan terakhir fase grup. Jika menang atau seri, tim asuhan Shin Tae-yong ini dipastikan membukukan satu tempat di babak 16 besar sistem gugur, baik sebagai runner up grup D maupun peringkat ketiga terbaik dari seluruh grup.

Baca juga : Piala Asia, Shayne Pattynama Siap Turun Lawan Vietnam

Sesuai regulasi Piala Asia 2023, tim yang berhak lolos ke babak gugur bukan hanya juara dan runner up fase grup saja, tetapi empat tim peringkat tiga terbaik dari seluruh grup. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.