Dark/Light Mode

Indonesia Vs Jepang

Siap Patahkan Samurai Biru

Rabu, 24 Januari 2024 07:00 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Rafael William Struick. (Foto: Antara)
Pesepak bola Timnas Indonesia Rafael William Struick. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin mem­berikan tekanan besar kepada Jepang, meski Indonesia menda­pat kepastian lolos ke 16 besar Piala Asia sebelum pertandingan dilangsungkan.

“Kami sudah memikirkan se­gala skenario lolos ke 16 besar. Jika hasilnya datang sebelum kami bertemu Jepang, tentu itu sangat membahagiakan. Tapi saya tidak memikirkan itu, saya tetap siapkan kekuatan terbaik untuk melawan Jepang,” ungkap Shin dalam konferensi pers di Doha, Qatar, kemarin.

Indonesia kini mengantongi ti­ga poin kemenangan yang diraih saat mengalahkan Vietnam pada partai kedua, Jumat (19/1). Berkat satu kemenangan terse­but, skuad Garuda kini berteng­ger sebagai salah satu tim per­ingkat tiga terbaik untuk lolos ke 16 besar.

Baca juga : Sekjen Gerindra Pasang Target Kalahkan PKS Di Depok

Peluang Indonesia masih ter­buka lebar untuk keluar dari fase grup dengan catatan sejumlah pertandingan tim terbawah di grup lainnya tak melebihi per­olehan poin Indonesia atau juga dengan indikator penilaian lainnya.

Shin tak menampik, apabila timnya bisa lolos sebelum laga melawan Jepang, maka akan menjadi keuntungan yang mem­bahagiakan. Namun sebagai pelatih, Shin tetap mempersiap­kan segala kemungkinan untuk melalui pertandingan terakhir.

“Saya tetap memperhatikan persiapan dan detil teknis lain­nya. Saya tidak mau terlalu me­mikirkan hasil dari grup lain,” kata Shin, menambahkan.

Baca juga : 12 Mei 2024, Jemaah Haji Indonesia Mulai Diberangkatkan Ke Arab Saudi

Melihat hasil pertandingan Jepang sebelumnya saat kalah dari Irak 1-2, Shin melihat ada celah bagi Indonesia untuk memberikan tambahan pengala­man buruk bagi Jepang di Piala Asia.

Namun, Shin menyadari bah­wa Indonesia dan Irak adalah dua tim yang belum bisa diband­ingkan satu sama lain. Keduanya sangat berbeda dari segi fisik, gaya permainan, pengalaman dan peringkat.

Oleh karenanya, Shin akan melakukan pendekatan berbeda bagi timnya untuk menghadapi Jepang besok. “Tentu dengan permainan yang berbeda, gaya yang berbeda, dan sentuhan yang berbeda untuk melawan Jepang,” ujarnya.

Baca juga : Jelang Akhir Pekan, Rupiah Naik Tipis

Sementara Jepang, mayori­tas pemainnya menghuni tim utama di klubnya masing-mas­ing. Seperti Takefusa Kubo yang menjadi tulang punggung Real Sociedad di Liga Spanyol. Kemudian Wataru Endo yang merupakan gelandang bertahan utama Liverpool, hingga Ritsu Doan, winger utama SC Freiburg di Liga Jerman.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 24/1/2024 dengan judul Indonesia Vs Jepang, Siap Patahkan Samurai Biru      

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.