Dark/Light Mode

Untuk Pertama Kalinya Lolos 16 Besar Piala Asia

Timnas Garuda Cetak Sejarah

Sabtu, 27 Januari 2024 08:30 WIB
Sejumlah Pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Jumat (26/1/2024). Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar sebagai tiga terbaik dan akan menghadapi Timnas australia pada Minggu (28/1/2024). (ANTARAFOTO/Yusran Uccang)
Sejumlah Pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Jumat (26/1/2024). Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar sebagai tiga terbaik dan akan menghadapi Timnas australia pada Minggu (28/1/2024). (ANTARAFOTO/Yusran Uccang)

 Sebelumnya 
Kelolosan Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar mendapat perha­tian Presiden Jokowi. Kepala Negara bersyukur dan yakin Indonesia bisa membangun prestasi sepak bola kalau betul-betul serius, dan kerja keras. Jokowi tak lupa juga menyampaikan selamat kepada usaha-usaha yang dilakukan PSSI selama ini.

"Kita harapkan nanti di pertandingan 16 besar yang pertama dengan Aus­tralia juga bisa memetik poin," kata Jokowi, di Istana Bogor, Jumat (26/1).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir amat senang dengan raihan Timnas. Ia pun memberikan semangat kepada skuad Garuda jelang laga melawan Australia. Kata dia, kendati pencapa­ian di babak grup berbeda, Indonesia tak boleh gentar. Ia yakin Timnas mampu mengimbangi permainan Australia.

Baca juga : Garuda Ditunggu Tim Kanguru

“Kita harus kasih yang terbaik. Siapa tahu ada kejutan-kejutan dari Indonesia. Dan kita kalau melihat sejarah di tahun 2009 dan 2010, kita sama Australia pernah drop, pernah kalah 0-1. Ini kan tahun 2023, masa nggak maju-maju,” kata Erick.

Warganet bersuka cita dengan kelo­losan Timnas ini. Akun @mangoepipel mengaku terharu dengan capaian Tim­nas Garuda. "Sumpah saya merinding tahu Indonesia lolos," tulisnya.

"Senang banget walau Timnas lolos lewat jalur langit," timpal @uliaulia. "Selamat untuk Timnas," seru @regmlar.

Baca juga : Pesta Gol, Bournemouth Lolos 16 Besar Piala FA

Akun @imanfiction mengaku bahagia melihat Timnas yang di awal diremehkan, ternyata lolos ke 16 besar. "Seumur-umur ngedukung Timnas, ini adalah titik tertinggi pen­capaian Timnas Indonesia. Biasanya cuma mentok di AFF, sekarang sudah level Asia. Selamat," tulisnya.

Akun @rahmanhakimsoy me­ngatakan, Timnas harus bersiap menghadapi Australia. Jangan terlena. "Kalau mau melawan Australia harus punya strategi baru, jangan seperti melawan Jepang atau Irak," sarannya.

Akun @linamichael93 menunjuk­kan kebahagiaannya dengan membagikan video saat skuad Garuda menerobos kamar Shin Tae-yong ketika mengetahui lolos ke babak 16 besar. "Sebahagia itu lihat kalian. Terima kasih perjuangannya dan semoga bisa menang lawan Australia," ha­rapnya.

Baca juga : Hore, Indonesia Cetak Sejarah Lolos Babak 16 Besar Piala Asia

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 27/1/2024 dengan judul Untuk Pertama Kalinya Lolos 16 Besar Piala Asia, Timnas Garuda Cetak Sejarah     

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.